Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) berhasil menyabet penghargaan terbaik dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) yang diserahkan langsung oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD. Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT Kabupaten Nunukan yang ke-24 di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nunukan, Kamis (12/10)

Penilaian SAKIP terdiri dari empat unsur penilaian. Pertama adalah Perencanaan Kinerja, ini meliputi sinkron tidaknya dokumen perencanaan yang terdiri dari casecading, renstra, renja dan perjanjian kinerja suatu Organisasi Perangkat Daerah. Kedua, Pengukuran kinerja yaitu mengukur kinerja dengan IKI (indikator kinerja individu) untuk masing-masing pegawai yang dihubungkan dengan Perjanjian Kinerja OPD.

Selanjutnya yang ketiga adalah pelaporan kinerja, dicerminkan melalui dokumen Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP). Sedangkan yang terakhir, evaluasi kinerja akuntabilitas internal. Pada unsur penilaian keempat ini Dinkes P2KB mengevaluasi kinerja secara bertahap setiap 3 bulan sekali melalui rapat triwulan.

Hj. Miskia,S.Si.,Apt., M.M., Kepala Dinkes P2KB, mengungkapkan, bahwa Strategi DinkesP2KB dalam implementasi SAKIP selalu berfokus pada perencanaan prioritas untuk mewujudkan penbangunan kesehatan. Agar hasil pembangunan kesehatan dapat di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mengukur capaian pelaksanaan kegiatan/program untuk mencapai tujuan.

Hj. Miskia juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua unit kerja yang ada di Dinkes P2KB beserta jaringannya sehingga Dinkes P2KB bisa mencapai penghargaan ini. “Saya harap ini tidak membuat kita cepat berpuas diri dan selalu terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan," imbuhnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom