Nunukan, SIMP4TIK - Biasanya tumpeng terbuat dari nasi dan berhiaskan sayuran serta lauk pauk. Namun berbeda dengan tumpeng yang dibuat oleh Dinas kesehatan Kabupaten Nunukan.

Ya, di hari jadi ke 25 Kabupaten Nunukan, Dinas Kesehatan membuat tumpeng dengan susunan aneka buah - buahan segar, mirip seperti gunungan buah namun ini lebih kecil.

Buah-buahan yang ditata rapi, mulai bagian bawah atau dasar terdiri dari buah melon, buah naga dan semangka. Untuk bagian gunungan tertata rapi buah jeruk, anggur dan nanas.

Tidak hanya ingin menampilkan hal yang berbeda di peringatan HUT ke 25 Kabupaten Nunukan ini, tapi ternyata ini juga menjadi sebuah kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Administrasi kesehatan ahli muda, Selamat mengatakan, melalui tumpeng buah ini bagian dari sosialiasi keseimbangan gizi.

"Tidak hanya makanan namun tidak kalah penting untuk mengonsumsi buah," ujarnya, Sabtu (12/10/2024).

Menurut Selamat, buah - buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi terkena risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, stroke dan kanker. Kandungan serat, air dan antioksidan dalam buah dapat membantu menjaga seluruh sistem pencernaan agar lebih sehat.

Pada dasarnya buah memiliki banyak kandungan serat dan air, sehingga mengonsumsi buah dapat membuat rasa kenyang lebih awet, daripada asupan lainnya. Buah apel dan jeruk juga merupakan jenis buah yang kaya serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

“Melalui tumpeng buah ini kami sekaligus mensosialisasikan dan mengkampanyekan untuk selalu mengonsumsi buah-buahan, disamping makanan lainnya, karena lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan kita,” imbuhnya.(*)

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom