Nunukan, SIMP4TIK - Pokdarwis merupakan singkatan dari Kelompok Sadar Wisata, sebuah lembaga yang berkedudukan di tingkat desa atau kelurahan yang khusus bergerak di sektor pariwisata. Dalam pelatihan, pembentukan dan pengukuhannya merupakan tanggung jawab Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar). Kabupaten Nunukan telah memiliki beberapa pokdarwis yang tersebar di beberapa kecamatan. Tahun 2024 ini target kecamatan yang memiliki pokdarwis adalah Kecamatan Lumbis Hulu.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pariwisata, Iskandar pada tim publikasi SIMP4TIK, Selasa (30/1/2024) di ruang kerjanya. Iskandar menyebut kegiatan pembentukan dan pengukuhan pokdarwis ini akan dilaksanakan 2 Februari 2024 mendatang.

“Kami membuat kegiatan pokdarwis ini diawali dengan pelatihan. Setelah pelatihan, kita bentuk dan langsung dikukuhkan,” jelas Iskandar.

Adapun narasumber pada pelatihan pokdarwis ini adalah Asisten 3, Drs Syafarudin, Kepala Disudporapar, Abdul Khalid dan staf Disbudporapar, Boli. Direncanakan yang mengukuhkan pokdarwis ini adalah Bupati Nunukan. Namun Iskandar mengaku belum mendapatkan konfirmasi dari Prokompim. “Rencananya Bupati. Namun kalau tidak bisa hadir, dikukuhkan Kepala Dinas saja,” terangnya.

Sebagai sebuah lembaga, anggota Pokdarwis adalah masyarakat setempat yang merupakan pelaku kepariwisataan atau orang yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab. Mereka berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi pertumbuhan dan berkembangnya sektor kepariwisataan. Sebagai anggota Pokdarwis, peran anggota adalah untuk memaksimalkan potensi di dalam menarik minat wisatawan untuk datang ke wilayahnya.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS