Nunukan, SIMP4TIK - Seorang duta adalah seseorang yang diutus atau dipilih oleh pemerintah sebagai aktor yang mewakili suatu urusan tertentu. Maka, duta wisata berarti seseorang yang diutus untuk membantu urusan kepariwisataan, terutama dalam aspek edukasi, pengembangan, hingga promosi.

Kabupaten Nunukan secara rutin menggelar ajang pemilihan duta wisata. Selama ini para duta wisata tersebut belum berperan secara optimal dalam promosi kepariwisataan di Kabupaten Nunukan. 

Hal ini yang mencetuskan ide bagi Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Nunukan, Rukman untuk melibatkan para duta wisata dalam kegiatan promosi kepariwisataan di Kabupaten Nunukan.

"Mereka ini kan ada banyak. Perlu kita ajak kerjasama. Coba lihat video di YouTube disbudporapar. Beberapa video terakhir menggunakan mereka sebagai pelakonnya. Ada juga yang jadi MC Hari Ibu kemarin," terang Rukman.

Digelarnya pemilihan duta wisata menjadi suatu fenomena positif, baik untuk pihak pemerintah selaku penyelenggara maupun generasi muda sebagai sasaran.

Bagi pemerintah maupun instansi penyelenggara akan terbantu dengan adanya seorang ikon. Bagi masyarakat khususnya generasi muda ajang pemilihan duta ini sebagai sarana mengaktualisasikan diri mereka.

"Tahun ini kita tetap adakan pemilihan duta wisata seperti tahun sebelumnya. Semoga bisa lolos ke tingkat nasional," tambah Rukman.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS