SIMP4TIK News - Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran (ARKAS) 4.0 Jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Sekolah Dasar Kabupaten Nunukan, bertempat di Aula Hotel Laura, Selasa (22/8).

Kegiatan yang dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 22 s/d 24 Agustus ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan diikuti oleh seluruh guru SD yang mendapat tugas sebagai pengelola dana BOSP yaitu bendahara dan kepala sekolah  Se-Kabupaten Nunukan. 

ARKAS merupakan sistem yang disediakan oleh Kemdikbudristek berbentuk aplikasi, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam melakukan tata kelola perencanaan, penganggaran, dan penatausahaan serta pertanggungjawaban penggunaan dana BOSP dalam bentuk digital.

Sekretaris Disdik H. Tuwo selaku ketua panitia menyampaikan tujuan diadakannya bimtek ARKAS ini adalah agar bendahara satuan pendidikan dapat menggunakan secara mahir dalam menyusun perencanaan anggaran, penatausahaan dan pelaporan.

Senada dengan itu, kepala Dinas Pendidikan Ahmad SIP MSi mengatakan, karena pentingnya pengelolaan dana BOSP maka harus dilakukan bimtek ARKAS khususnya di lingkungan pendidikan Kabupaten Nunukan.

"Karena pentingnya pengelolaan dana BOSP maka kita harus melakukan bimtek ARKAS agar setiap bendahara dan kepala sekolah dapat mengelola dana BOSP sesuai dengan aturan dan mekanismenya," ujarnya.

Ahmad berharap semoga dengan diadakannya bimtek ini para peserta dapat membuat suatu laporan pertanggungjawaban dana BOSP sesuai dengan ketentuan yang ada dan waktu yang sudah ditentukan.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS