Nunukan, SIMP4TIK – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Nunukan, kembali mengkampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), kali ini dilaksanakan  di Posyandu Semangka RT. 08 Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan, Selasa (08/10/2024).

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Perikanan Nunukan, Sirajuddin, mengatakan kampanye Gemarikan ini secara masif dilaksanakan dalam rangka pencegahan stunting, dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

Kampanye Gemarikan dengan tema “Ayo makan ikan sehat, kuat, cerdas" ini dilaksanakan dengan lokusnya menyasar posyandu-posyandu yang ada di Kabupaten Nunukan, karena dinilai lebih efektif, posyandu sebagai garda terdepan yang mengidentifikasi anak berisiko stunting.

“Setelah kami analisa dan berpikir bagaimana kegiatan ini bisa efektif dengan keterbatasan sumberdaya dan dana, kita berpikir bahwa yang efektif itu adalah posyandu, selain ada tenaga kader posyandu, juga ada ibu hamil, ibu menyusui datang ke posyandu,” terangnya, Selasa (08/10/2024).

Menurut Sirajuddin, pentingnnya mengkampanye Gemarikan kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman atau mengingatkan kembali bahwa kandungan gizi ikan kaya akan protein, vitamin, dan mineral sangat penting untuk kesehatan dan kecerdasan anak.

“Jadi apa yang dilakukan ini adalah untuk membangun sumber daya manusianya (SDM), bagimana mengembangkan pola pikirnya, inilah yang menjadi inti dari upaya edukasi melalui kampanye Gemarikan, dan hal ini yang mungkin belum banyak di pahami secara luas, sehingga diharapkan keterlibatan semua pihak, turut serta untuk mempopulerkan ini,” ujarnya.

Sirajuddin optimis dengan Gemarikan, sinergi dan kalobarsi multi pihak akan dapat mengubah SDM generasi mendatang yang berprestasi, unggul, produktif.

“Kalau kita di lingkungan pemerintahan bersinergi berkolaborasi untuk menggalakkan kegiatan kegiatan yang sifatnya edukasi, saya pikir kedepan bisa mengubah SDM kita kedepan, membangun SDM tidak kalah pentingnya, sehingga generasi yang dilahirkan beberapa tahun waktu yang akan datang menjadi generasi-generasi yang yang berprestasi, unggul, produktif, itu yang kita harapkan,” ungkapnya.

Sirajuddin menyebut kampanye Gerakan telah dilaksanakan di beberapa titik diantaranya, di Tabur Lestari, Sekaduyan Taka, Nunukan Tengah, dan  Selisun, posyandu Semangka.

“Berikutnya kami agendakan di Nunukan Timur, posyandu Aster, Aji kuning, posyandu Pilar 3, dan Liang Bunyu, posyandu Pantai Indah, lokusnya kemungkinan akan bertambah, kita nanti akan komunikasi dengan tim penanganan penurunan angka stunting, koordinasi dan komunukasi dengan dinas kesehatan, serta Bappeda, sehingga nanti program kedepan ini bisa terus berkesinambungan dan lancar, sehingga lokus stunting itu bisa kita jelajahi bisa kita sisir diwilayah administrasi Kabupaten Nunukan,” imbuhnya.(*)

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom