Sebuku, SIMP4TIK - Persiapan RS Pratama  Sebuku menuju ke tipe C tidak hanya pada ketersediaan dokter ahli tetapi juga penggunaan teknologi Informasi yang akan mendukung operasional dan layanan rumah sakit. 

Penggunaan teknologi Informasi atau IT menurut Direktur RS Pratama Sebuku dr Syaifuddin Noor, sangat penting selain berkaitan dengan sistem pelaporan juga berkaitan dengan kecepatan layanan. 

"Ada tujuh keahlian IT yang dibutuhkan untuk menyempurnakan kebutuhan tenaga IT yang akan mendukung peningkatan peran dan fungsi  RS Pratama untuk ke kelas yang lebih tinggi dari tipe D ke tipe C, namun untuk awal cukup tiga dulu," katanya.

Ketiga keahlian IT yang dibutuhkan adalah tenaga data base administrator, tenaga network enginer dan tenaga teknik komputer. Bagi Syaifuddin, bagi rumah sakit yang terletak jauh di pedalaman, sangat sulit untuk mendapatkan tenaga IT yang dimaksud. 

"Kami sudah berkonsultasi dengan Pak Rahmansyah yang saat ini sudah di Dinas Pendidikan, beliau menyarankan saya untuk berkoordinasi ke Dinas Kominfo, karena menurut Pak Rahman, ketujuh kebutuhan IT itu, semua ada di Dinas Kominfo," ungkapnya. 

Berdasarkan informasi itu, Syaifuddin mengungkap pernah ke Diskominfo namun informasi yang diperolehnya, Kepala Dinas sedang rapat sehingga berusaha menghubungi Kepala Dinas lewat telpon. 

Secara kebetulan sehari setelahnya, Kepala Dinas sedang ada tugas di tiga wilayah yaitu Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Tulin Onsoi. Kepala Dinas beserta tim dokumentasi persiapan penyusunan profil Kabupaten Nunukan menyempatkan diri menyambangi RS Pratama. 

"Kami berinisiatif untuk bertemu dengan Direktur RS Pratama dan diterima dengan beberapa pejabat terkait di ruang kerja beliau setelah kami melakukan pengamatan fasilitas yang dimiliki Rumah Sakit," jelas Kadis Kominfo, Kaharuddin. 

Dari pertemuan itu, Kaharuddin menerima surat usulah dukungan tenaga IT dari RS Pratama Sebuku yang diserahkan dr Syaifuddin. Surat itu kemudian dibawah ke Nunukan untuk didiskusikan dengan bidang teknis,  Kepala Bidang Informatika. 

"Alhamdulillah, kita sudah diskusikan dengan Kabid Informatika, SDM kita siap, dan surat  Direktur RS Pratama Sebuku sudah dibalas, isinya  menugaskan tiga orang staf Diskominfo sebagai pendamping tenaga IT di RS Pratama Sebuku," katanya.   

Kaharuddin menambahkan, ketiga orang tenaga IT ini akan bekerja secara paruh waktu untuk mendukung kelancaran penggunaan aplikasi RME SIMGOS di RS Pratama Sebuku sampai diangkatnya staf IT di lingkungan RS Pratama Sebuku. 

'Pembebanan pembiayaannya akan kita atur bersama, intinya penerapan IT untuk digitalisasi beragam jenis layanan termasuk penggunaan aplikasi RME SIMGROS di RS Pratama Sebuku harus terlaksana dan berjalan lancar," katanya. (*) 

Foto : Vero Paulua

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS