SIMP4TIK News – Dari 87 usulan yang disampaikan Kecamatan se Pulau Sebatik pada Musrembang Kewilayahan yang berlangsung Selasa (31/1) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian mendapatkan usulan dari Kecamatan Sebatik Tengah.

Usulan itu tercatat pada daftar usulan kecamatan Sebatik Tengah dan daftar usulan priortas hasil Musrembang kecamatan se-Pulau Sebatik yang dipaparkan Tim Bappeda saat pembahasan usulan tersebut di depan peserta Musrembang.

Nama usulan program yang diusulkan adalah Pengadaan internet public untuk SD 002 Dusun Maiwah Kecamatan Sebatik tengah. Camat Sebatik Tengah Aris Nur SSTP MAP menjelaskan letak SD yang berada jauh di lembah ? signal telkomsel dari tower yang ada sangat lemah.

“Sekolah ini terletak jauh dilembah, terlindung gunung dari tower telkomsel yang letaknya agak jauh dari sekolah sehingga penerimaan signal sangat lemah, Cuma berputar-putar saja, tidak bisa terkoneksi,” jelas Aris saat dimintai penjelasan tentang usulan itu.

Aris menjelaskan selain tower Telkom yang jauh dari sekolah dan belum ada jalur kabel fiber optik telkomsel yang menuju ke sekolah itu. Kondisi ini membuat pihaknya tidak memiliki alternatif untuk mengupayakan penyediaan jaringan internet selain mengusulkannya melalui Musrembang Kecamatan ini.

“Kami tidak ada pilihan karena kekuatan sinyal dari tower sangat lemah kabel fiber optic juga belum tersedia, maka kami usulkan melalui Musrembang karena saya dengar ada sekolah yang mendapatkan bantuan internet,” katanya.

Mendengarkan usulan itu Kepala Dinas Kominfo Nunukan Kaharuddin menyampaikan ada cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan jaringan internet di sekolah yang belum terlayani jaringan dari BTS yang ada.

“Usulan ini akan kami catat untuk kita teruskan ke Kementerian Kominfo agar dapat dibantu untuk pengadaan Vsat untuk penyediaan jaringan di sekolah tersebut,” katanya sambil meminta Camat Sebatik tengah menyampaikan kepada Kepala Sekolah untuk menulis surat permohonan bantuan Vsat kepada Diskominfo Nunukan.

“Tolong disampaikan kepada pihak sekolah menulis surat permohonan pengadaan Vsat kepada Diskominfo untuk selanjutnya diusulkan ke Bakti Kementerian Kominfo,” pintanya.(*)

Foto : Sain (Dinas Kominfo)