Sebatik Utara, SIMP4TIK - Setelah menggelar Bimtek Audit Keamanan SPBE di Kantor Bupati Nunukan, Diskominfo Kabupaten Nunukan bergeser ke Pulau Sebatik. Agenda kegiatan di Sebatik yakni sosialisasi keamanan tingkat kecamatan menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Rabu (11/9/2024).

Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Suhariyanti mewakili Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan menyampaikan pentingnya kegiatan ini. 

"Keamanan informasi penting bagi OPD dan masyarakat karena dapat melindungi data, mencegah penyalahgunaan, dan meminimalisir risiko kerugian. Selain itu juga keamanan informasi dapat memastikan bahwa keputusan yang diambil didasarkan pada informasi yang benar dan tidak terdistorsi," ujarnya.

Melita Irmasari, Manggala Informatika Ahli Muda BSSN selaku narasumber menerangkan bahwa keamanan informasi dapat mencegah penyalahgunaan data oleh pihak ketiga untuk penipuan, seperti penipuan phishing dan pencurian identitas. 

Lebih lanjut ia mengatakan keberhasilan dalam memenuhi standar keamanan informasi dapat meningkatkan reputasi organisasi dan membangun kepercayaan masyarakat.

Tak lupa Melita juga membagikan tips untuk perlindungan data keamanan pribadi. Tips-nya yakni mengamankan kata sandi, menerapkan enkripsi data, mengontrol akses fisik dengan cermat, menggunakan internet, intranet, email, dan wifi secara bijak serta menjaga etika saat bersosial media.

Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini adalah camat, kepala desa dan perangkatnya. 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS