Tarakan, SIMP4TIK – Dinas Kominfo Kalimantan Utara menggelar kegiatan Rapat koordinasi Dinas Kominfo se-Kaltara.

Tema yang diusung pada kegiatan itu adalah sinergitas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah urusan komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian guna mewujudkan Penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) terpadu se-Kalimantan Utara.

Kegiatan digelar di hotel Royal Tarakan pada tanggal 3-5 Maret 2024 diikuti pesertta dari Dinas Kominfo dan Inspektorat Propinsi Kaltara dan Kabupaten Kota se Kalimantan Utara.

Adapun nara sumber di datangkan dari Kementerian Dalam Negeri, BRIN, BSSN, BPS Kaltara dan Diskominfo Kaltara.

Kepala Diskominfo Kaltara Ilham Zain SSos MPA  menjelaskan latar belakang diadakannya Rakor ini. Diantaranya, agar pelaksanaan tugas dan funsi Diskominfo se-Kaltara terbangun sinergitas dan harmoni.

“Seperti dalam bidang penerapan SPBE, ada daerah dari sisi penilaian Kemenpan sudah berjalan baik, namun masih ada daerah yang perlu pembinaan,” katanya.

Ilham menjelaskan melalui forum ini, para peserta bisa saling memberi masukan saran dan langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat memperbaiki kualitas dan kinerja serta implementasi fungsi dan peran Dinas.

“Forum ini mempertemukan stakeholder Diskominfo sekaligus nara sumber, sehingga para peserta mendapatkan informasi yang dapat dikembangkan di daerahnya setelah kembali kedaerahnya nanti,” harapnya.

Tidak hanya presentase materi dari nara sumber, peserta diajak ke Yogyakarta untuk orientasi lapangan, melihat secara langsung implementasi penerapan SPBE dilingkungan Pemerintahan.

Mengingat kegiatan ini dinilai sangat penting, Diskominfo Kaltara menanggung semua biaya kegiatan yang meliputi biaya mendatangkan peserta, nara sumber dan biaya orientasi lapangan. (*)