Simp4tik News - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan melalui bidang Statistik melakukan Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Indonesia secara daring dari ruang Kepala Dinas, Selasa (22/11). Kegiatan ini diikuti oleh 18 operator SIDARA CANTIK Kabupaten Nunukan.

Dalam sambutannya Kaharuddin menyampaikan bahwa aplikasi SIDARA CANTIK adalah program Diskominfotik Provinsi Kalimantan Utara yang diteruskan oleh bidang Statistik Kabupaten Nunukan sebagai perpanjangan tangan di kabupaten bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebagai informasi, bahwa di Kabupaten Nunukan baru 15 OPD yang telah memberlakukan sistem satu data ini dan masih ada 14 OPD yang belum.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Utara Ilham Zain sebagai pemilik program sekaligus narasumber menyambut baik dan mendukung kegiatan bidang Statistik Kabupaten Nunukan tentang aplikasi SIDARA CANTIK guna mengelola data dari setiap OPD untuk memperlancar kegiatan kompilasi data produk administrasi sebagai dasar data dan informasi Statistik Sektoral Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui aplikasi komputer yang dapat di akses oleh seluruh OPD unit kerja terkait termasuk pimpinan daerah.

Kepala Badan Statistik Kabupaten Nunukan Marianto sebagai narasumber kedua membawakan materi Tata Kelola dalam Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Satu Data Indonesia mengatakan kegiatan Statistik bertujuan untuk penyediaan data yang lengkap, akurat dan mutakhir dalam rangka mewujudkan sistem Statistik Nasional yang handal, efektif dan efisien  guna mendukung pembangunan Nasional berdasarkan UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik berkaitan dengan PEPRES No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

 

 

 

Teks/Foto : Kinda Lenjau, S. Th (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : Asa Zumara, SS