SIMP4TIK News - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Nunukan tingkatkan fasilitas pada tempat wisata milik Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan. 

Tempat wisata yang dikelola oleh Disparpora Kabupaten Nunukan, ada dua yaitu tempat wisata Air Terjun yang terletak di Desa Binusan, dan tempat wisata Mangrove yang terletak di RT. 6 Kelurahan Nunukan Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disparpora Abdul Halid, saat ditemui diruang kerjanya Jumat, (1/9).

Menurut Halid, untuk mengembangkan tempat wisata tersebut pihaknya akan kembali memperpanjang MoU dengan Udayana, dalam hal pengelolaan tempat wisata.

"Sebelumnya pernah MoU rencana induk pengembangan pariwisata dan sudah ditetapkan peraturan daerah (Perda) nya tahun 2022. Dan kita akan melanjutkan MoU tersebut, agar ilmu apa yang diberikan kepada kita untuk mengelola wisata yang ada," ujar Halid.

Halid mengaku, wisata mangrove yang ada saat ini memang sepi pengunjung, hal tersebut menurutnya karena kurangnya fasilitas umum yang tersedia di wisata Mangrove tersebut.

"Saat ini kami melakukan pengecatan dan pembuatan WC, kedepan akan diusahakan listrik dan air bersih juga masuk," terangnya.

Untuk jumlah pengunjung di dua tempat wisata ini menurut Halid, pengunjung Mangrove masih sangat kurang bahkan pihaknya juga belum bisa melakukan pendataan, karena tempat wisata mangrove belum memiliki pintu masuk, sehingga pengunjung datang bisa dari samping, belakang sehingga jumlah rill pengunjung belum bisa dipastikan.

Berbeda dengan pengunjung di tempat  wisata air terjun di Binusan, pada hari-hari tertentu misalnya tahun baru dan lebaran pengunjung sangat ramai, bisa mencapai 1500 pengunjung.

"Dalam tahun, mulai Januari hingga bulan Agustus, total pengumpulan dari pengunjung sebesar Rp
8.000.000,- ," beber Halid.

Kedepan kata Halid untuk kedua tempat pariwisata ini akan dibangun fasilitas yang dapat menarik minta para pengunjung.

"kita coba usulkan ke Provinsi atau ke pusat, demi memajukan pariwisata kita di daerah," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom