SIMP4TIK News - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) melalui Bidang Kemetrologian melakukan pengawasan pada timbangan tera milik pedagang di pasar  tradisional yang ada di wilayah Nunukan.

Kepala Bidang Kemetrologian DKUKMPP Marlina Puspasari mengatakan, pengawasan ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen untuk menghindari kecurangan yang biasa dilakukan oleh para pedagang. Dari hasil pemantauan, diakuinya, masih ada pedagang yang menggunakan timbangan yang tidak sesuai tera.

"Hal ini kami lakukan untuk melindungi para konsumen untuk menghindari kecurangan - kecurangan para pedagang. Dari hasil pemantauan kami di salah satu pasar, masih ada pedagang yang menggunakan timbangan yang menurut kami tidak layak untuk digunakan, dan sudah kami instruksikan untuk segera mengganti timbangannya," ujar Marlina.

Menurutnya setiap alat timbang harus diuji lagi, karena selama penggunaan pasti ada pergeseran pengukuran, seperti misalnya jatuh atau berkarat itu pasti mempengaruhi alat timbang tersebut. Oleh karena itu Marlina berharap kepada para pedagang untuk rutin melakukan pemeliharaan alat timbang yang digunakan.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS