SIMP4TIK News - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, mengadakan fasilitas baru untuk operasional pengolahan sampah. Diantaranya motor gandeng, tempat pembuangan sampah (TPS) sementara, dan kontainer.

Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, Irfan menjelaskan pengadaan fasilitas baru pengolahan sampah tersebut dari bantuan keuangan (Bankeu) Khusus TAPE dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berbasis ekologi tahun 2023.

"DLH mendapat alokasi anggaran TAPE khusus untuk pengadaan tambahan fasilitas pengolahan sampah sebesar Rp300 juta. Untuk jumlah unit, masing-masing yaitu motor gandeng ada 6 unit TPS sementara ada 9 dan kontainer 4," terang Irfan, Kamis (30/11/2023).

Menurut Irfan, 5 unit motor gandeng akan digunakan untuk melayani wilayah perkampungan dan gang-gang yang tidak bisa dilewati truk sampah, dengan waktu operasional di pagi hari. Sedangkan 1 unitnya lagi nanti akan di hibahkan kepada pengelola bank sampah Borneo Bersinar.

"Untuk 1 unit motor gandeng karena ini permintaan khusus melalui proposal yang mereka ajukan, dan disetujui oleh provinsi, nanti akan di serahkan melalui proses hibah kepada Berneo Bersinar," terangnya.

Sedangkan untuk TPS sementara akan diletakkan di tempat-tempat tertentu, menghantikan TPS sementaranya yang rusak maupun yang sudah hilang.

"Selebihnya akan standby dulu di kantor, sambil mempersiapkan penilaian Adipura turun," ujarnya.

Dengan adanya penambahan fasilitas baru ini, jam pelayanan khususnya motor gandeng sudah kembali normal, sebelumnya pelayanan motor gandeng dilakukan bergantian, namun sekarang sudah bisa normal setiap hari beroperasi.

"Disyukuri untuk motor gandeng yang sebelumny digunakan 2 kali kerja dalam sehari kini dengan adanya penambahan baru, perhari bisa normal, adanya ini sudah tidak lagi mendengar adanya keluhan dilapangan," tutur Irfan.

Irfan menyebut, tahun depan, juga ada pengajuan penambahan armada baru. "Alhamdulillah, Bupati memberikan kelonggaran untuk penambahan kendaraan baru, kemungkinan besar penambahan dump truck, melihat  anggarannya bisa hingga 4 unit, karena ada permintaan untuk wilayah 3 kemungkinan nanti 1 akan didrop kesana," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS