SIMP4TIK News - Setelah dibuka secara simbolis oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian , pelatihan Agen Digital yang digelar Senin (12/06) pagi tadi, menjadi penanda awal dimulainya program peningkatan kompetensi sumber daya manusia dibidang IT yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian melalui Bidang Informatika.

Pelatihan Agen Digital ini melibatkan dua orang peserta peserta dari Desa Sungai Limau Kecamatan Sebatik Tengah sebagai tindak lanjut atas komitmen Diskominfo Nunukan untuk mendukung digitalisasi pelayanan publik di Desa Sungai Limau yang telah dipilih KPK RI sebagai Desa Anti Korupsi di Kaliamantan Utara. 

Ini menunjukkan komitmen Diskominfo yang dari beberapa tahun belakangan secara serius menjadi leading sector pencanangan transformasi digital yang mengejawantahkan kedalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemerintah kabupaten Nunukan.

Kepala Bidang Informatika, Akmal, S.Kom MAP yang mengikuti kegiatan secara daring, karena sedang melaksanakan tugas di luar kota menjelaskan,  agen digital ini nantinya dilatih untuk lebih memiliki kapabitilas khususnya dalam bidang Teknologi Informasi terutama dalam menjalankan pelayanan di pemerintahan. 

“Agen digital ini akan menjadi akselerator tranformasi digital di OPD termasuk di Kecamatan dan Desa sehingga pemanfaatan teknologi digital atau aplikasi yang ada di OPD tersebut bisa di handel oleh agen digital kita,” jelasnya.

Masih menurut Akmal, sudah lama program digitalisasi digalakkan mulai dari pemerintah pusat sampai ke desa, namun kendala utama yang dihadapi adalah kompetensi SDM dibidang IT.

Di Diskominfo, sebelumnya telah menugaskan satu Agen Digital di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk membantu salah satunya merapikan database secara digital dan memperlancar tugas-tugas yang diemban BKPSDM sebagai pusat dari kepegawaian.

“Kita berharap kendala utama transformasi digital yakni kompetensi SDM, dapat diatasi dengan Agen Digital kita ini,"  imbuhnya dengan optimis.

Kepala Diskominfo Nunukan Kaharuddin saat membuka pelatihan agen digital ini menegaskan Digitalisasi Pelayanan Publik sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Nunukan yang akan diterapkan sampai ke desa-desa. 

"Digitalisasi di desa akan dimulai di Desa Sungai Limau, setelah berjalan dengan baik maka akan dijadikan sebagai pilot proyek di dalam penerapan digitalisasi layanan publik di seluruh desa yang sudah terjangkau internet," ungkapnya. 

Harapan Kaharuddin ini disambut baik Camat Sebatik Tengah Aris Nur SSTP MAP yang hadir pada pembukaan pelatihan Agen Digital Desa Sungai Limau bahkan mengikuti beberapa materi pelartihan digital hingga siang hari. 

"Kami berharap desa Sungai Limau sukses melaksanakan digitalisasi ini sehingga nantinya dapat menjadi percontohan bagi desa-desa di Kecamatan Sebatik Tengah," harap Aris Nur. 

Kedepan Diskominfo akan lebih serius memperjuangkan tidak hanya dalam mengakselerasi transformasi digital, namun juga akan memperhatikan tingkat kesejahteraan agen digital ini agar bisa diupayakan sesuai dengan tingkat keahlian, mengingat tingkat kelangkaan profesi yang ada khususnya di Kab. Nunukan yang jauh dari perguruan tinggi yang mengeluarkan tenaga-tenaga IT kompeten. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim