Nunukan, SIMP4TIK - Meskipun terletak di daerah perbatasan dan pedalaman, tahun 2024 ini dua putra terbaik Kabupaten Nunukan terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Nasional.

Keduanya berhasil lolos setelah mengikuti seleksi Paskibraka secara berjenjang. Mulai tingkat Kabupaten, tingkat  Propinsi dan Tingkat Nasional. Keduanya adalah Muhammad Dhava Bina Aditya dan Kevin Febrian Wijaya. 

Keberhasilan kedua putra terbaik Nunukan menembus jenjang Paskibraka Nasional, menunjukkan potensi anak-anak Nunukan bersaing di level nasional sangat terbuka. Apalagi pada tahun tahun ssebelumnya, pernah ada yang berhasil lolos di tingkat Nasional baik pria maupun wanita. 

Suksesnya kedua putra Nunukan ini tembus di tingkat nasional, telah dilaporkan Kepala Badan Kesataun Bangsa  dan politik Kabupaten Nunukan Hasan Basri SIP selaku instansi Pembina Paskibra Kabupaten kepada Bupati Nunukan. 

"Bupati menyambut baik keberhasilan dua putra terbaik Kabupaten Nunukan, dan memerintahkan kepada kami selaku instansi pembina Paskibra di daerah supaya terus melakukan pembinaan," katanya. 

Kepastian terpilihnya kedua Putara Nunukan ini kata alumni Fisipol Unhas ini, tertuang di dalam surat Plt Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 55/PE.00-04/06/2024/- perihal Pemberitahuan Hasil Verivikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024. 

Pada lampiran surat itu termaktub dua nama calon Paskibraka terpilih tingkat pusat tahun 2024 dari Kalimantan Utara. Calon Paskibraka terpilih tingkat pusat yaitu Muhammad Dhava Bima Putra Aditya. Selanjutnya Kevin Febrian Wijaya terpilih sebagai cadangan calon PaSKIBRAKA tingkat Nasional tahun 2024. 

Muhammad Dhava Bima Aditya lahir di Nunukan tanggal 1 Desember 2007 anak kedua dari tiga orang bersaudara  dari pasangan Hamka (alm) dengan Leo Christiani R, saat ini menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Nunukan. 

Adapun Kevin Febrian Wijaya lahir di Nunukan pada tanggal 5 Pebruari 2008 anak pertama dari dua orang bersaudara, dari pasangan Bayu Wahyu Wijaya dengan Mariati. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Nunukan. (*)

Foto : Hasan Basri/ KesbangPol Nunukan

Keterangan Foto : Muhammad Dhava Bima Aditya (kanan) dan  Kevin Febrian Wijaya (kiri/Pake Jam tangan)