Nunukan, SIMP4TIK - Sekolah Dasar (SD) Kristen Biji Sesawi peringati Mandarin Day dan Cap Go Meh dengan menampilkan dan mengeksplorasi bakat dan kemampuan siswa dan siswi SDK Biji Sesawi melalui Tarian, baca puisi dan lagu-lagu dalam bahasa Mandarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SDK Biji Sesawi Jl. Cut Nyak Dien (Persemaian) RT 05 No 94 Kelurahan Nunukan Tengah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan tersebut berlangsung meriah dan penuh keceriaan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, siswa siswi SDK Biji Sesawi, tampil cantik dan gagah mengenakan pakaian dan atribut Mandarin, seperti baju cheongsam dan baju changsan, dengan nuansa warna merah.

Kepala Sekolah SDK Biji Sesawi Yohanna G. Wigena, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memperingati hari Imlek dan Cap Go Meh, juga momentum siswa dan siswi menampilkan dan mengeksplorasi segenap bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak, lewat bahasa Mandarin.

"Ini perdana, baru pertama kali dilaksankan di Kota Nunukan, di SKD Biji Sesawi selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin menjadi salah satu mata pelajaran yang kami ajarkan kepada siswa siswi kami," terang Yohanna G. Wigena, Sabtu (24/2/2024).

Lanjut, Yohanna melalui Kegiatan Mandarin Day yang mengusung tema "Hormatilah Ayah dan Ibu Mu" kami rindu melalui kegiatan ini anak-anak sejak dini diajarkan menghormati orang tuanya.

"Masyarakat kita bisa maju dan berkembang ketika keluarga-keluarga kita harmonis, dan melalui momen ini kami  juga mengajar agar anak-anak belajar menghormati dan menghargai orang tua," ujar Yohanna.

Yohana, menyebut, peran dan dukungan dari orang tua juga tidak kalah pentingnya, untuk kemajuan dan perkembangan anak.

"Untuk orang tua terus dukung anak-anak meskipun mereka tidak langsung berhasil adakalanya mereka gagal juga, tetap dukung dan menopang, sampai anak-anak itu menjadi bintang-bintang yang bercahaya, seperti yang Tuhan inginkan, didalam masyarakat menjadi pemimpin-pemimpin digenerasi mendatang," tutur Yohanna.

Freddyanto Gromiko, ST., Ketua Komite SDK Biji Sesawi, mengatakan kehadiran SDK Biji Sesawi memberikan warna baru dalam dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Nunukan .

"Pendidikan sangat penting bagi anak kita, sehingga kita sebagai orang tua berusaha memilih lembaga pendidikan terbaik untuk anak, dan kita bersyukur sudah ada SDK ini, walaupun sangat baru tetapi sungguh memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di Kabupaten Nunukan ini," ucapnya.

Menurut Freddy, Salah satu hal yang terpenting dalam pendidikan itu adalah bagaimana, bukan hanya secara akademik saja namun bagaimana peserta yang dididik, memiliki karakter-karakter yang unggul.

Mewakili Yayasan Biji Sesawi, Hendrik, mengapresiasi terlaksananya kegiatan Mandarin Day yang secara perdana dilaksanakan bertepatan pada Cap Go Meh.

"Yayasan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, kami sangat bangga bagaimana melihat anak-anak begitu percaya diri tampil dihadapan orang banyak, karena tidak semua orang itu berani berdiri didepan orang banyak, tetapi anak-anak ketika sejak dini diajarkan maka akan terlatih dan terbiasa tampil didepan banyak orang, apresiasi juga kepada guru-guru yang mengajarkan anak-anak dengan cukup baik," ungkapnya.

Menurut Hendrik, saat ini orang tua menghadapi dunia digitalisasi, dimana orang tua diperhadapkan dengan penggunaan gadget (HP) yang marak di kalangan anak-anak.

"Rasa hormat kepada orang tua dan menghargai orang yang lebih dewasa dari mereka, perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar anak-anak mentaati dan mendengar perintah orang tuannya," terangnya.

Irawati, orang tua murid mengatakan kegiatan Mandarin Day ini sangat menarik dan baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri mengembangkan bakat anak-anak.

"Anak-anak belajar sesuatu yang baru kita, sebagi orang tua senang dan bangga dengan kegiatan anak-anak hari ini. Harapannya semoga untuk tahun pelajaran yang baru ini anak-anak semakin maju dalam bakat dan kemampuannya masing-masing," ujarnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom