Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi dengan Tema Kinerja Penyuluh Keluarga Berencana Dalam Percepatan Penurunan Stunting dan Pencapaian Target Program Bangga Kencana 2024 di aula Dinkes P2KB, Kamis (1/2/2024).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh kepala Dinkes P2KB, Miskia bertujuan menggalang komitmen bersama untuk pemenuhan target kerja penurunan stunting di angka 14 persen tahun 2024.

Sekretaris Dinkes P2KB, Sabaruddin membuka acara rakor yang hadiri oleh 22 PKB se-Kabupaten Nunukan beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Sabaruddin menegaskan bahwa harmonisasi dan komunikasi dalam bekerja adalah hal yang harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Acara ini diisi oleh paparan Kabid Pengendalian Penduduk dan Penyuluh, Suriyati SE terkait realisasi program KB selama tahun 2023, serta target PPM PA dan PB di Kabupaten Nunukan untuk tahun 2024. Ia mengingatkan agar para PKB semakin menggencarkan agenda Program Kencana dan penguatan seluruh kelompok kegiatan atau POKTAN yang ada di kampung KB di wilayah binaan masing-masing penyuluh.

Sebagai penutup, DPC IPeKB Kabupaten Nunukan turut memeriahkan kegiatan ini dengan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para PKB yang telah menunjukkan dedikasi yang tinggi pada program Bangga Kencana. Kategori PKB inspiratif diberikan kepada Renata Dewi Aditya,SKM. Kategori PKB influencer diberikan kepada Kaharuddin, SH. Kategori PKB Champion diberikan kepada Dody Hermawan, SE. Para pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai dari DPC IPeKB Kabupaten Nunukan.

Diakhir kegiatan Miskia mengapresiasi dan bangga atas prestasi dan kekompakan semua penyuluh KB. Ia berharap kemitraan yang terjalin selama ini antara Dinkes, penyuluh dan BKKBN tetap terjaga dengan baik. Ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat rutin digelar.

"Kalau bisa acara ini digelar dua kali dalam setahun, sehingga menjadi ajang silahturahmi karna ternyata jumlahnya lebih banyak dan ada juga yang berasal dari luar Pulau Nunukan," ujar Miskia.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS