SIMP4TIK News - Dalam rangka mempererat kebersamaan dan kekeluargaan, Pengurus  Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Daya Lestari mengadakan kegiataan Family Gathering bersama anggota dalam momen Ulang Tahun Lembaga KSP CUDL TP Kita Jaya Nunukan  ke 8 tahun yang dilaksanakan di Pantai Ecing Sedadap,Sabtu (19/11).

KSP CUDL TP Kita Jaya adalah salah satu koperasi Simpan Pinjam berbasis Pemberdayaan anggota yang  memiliki  Badan Hukum No. 562/BH/518.6/V/2022 dan memiliki ijin Kantor Cabang di Kabupaten Nunukan. Manajer KSP CUDL TP Kita Jaya, Bernadete mengatakan, keberadaan KSP  CUDL TP Kita Jaya di Kabupaten Nunukan sejak tahun 2012 namun diresmikan  pada tanggal 15 November 2014 yang hadir untuk semua kalangan tanpa melihat golongan masyarakat dan Ras karena menurut beliau ada yang mengira bahwa CUDL hanya milik orang tertentu”.

Melalui kegiatan ini, pengurus KSP CUDL TP Kita Jaya menggandeng Narasumber dari Polres Nunukan yang membidangi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  yakni oleh  Marta Nuka  dengan Tema “Pencegahan Perkawinan Usia Dini dan Pencegahan Pelecehan Moralitas Anak”. Semangat kebersamaan dan keakraban terlihat selama diskusi dengan selingan pertanyaan-pertanyaan kepada anggota sehingga   kehadiran anggotapun memenuhi lokasi yang telah disiapkan.  

Sebagai informasi, KSP CUDL adalah salah satu koperasi yang berlegalitas di Nunukan beralamatkan di jalan Cuk Nyak Dien RT.20 Pasir Putih Kelurahan Nunukan Tengah Kecamatan Nunukan. KSPCUDL ini sampai pada tahun 2022 beranggotakan 1.153 orang, tahun 2021-2023 dengan VISI: Menjadi Lembaga pemberdayaan berbasis komunitas yang sehat, aman, lestari dan MISI: Meningkatkan kualitas hidup  anggota melalui pemberdayaan sosial dan ekonomi secara berkelanjutan. KSP CUDL TP Kita Jaya terdapat memiliki produk simpan pinjam sesuai dengan keinginan anggota.  Bagi masyarakat Nunukan yang ingin mengetahui informasi lebih jauh, dapat mendatangi kantor cabang yang berselogankan Lestari CU ku, berdaya hidupku ini.

Hadirnya KSP CUDL TP Kita Jaya berperan membantu masyarakat mewujudkan  serta mendukung Pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui program pemberdayaan sosial.  Sepanjang tahun 2022, telah banyak kegiatan sosial dilakukan seperti kegiatan kewirausahaan Holtikulasi, kegiatan Pelatihan CU untuk kaum muda dan ramaja, kegiatan bakti sosial (pengobatan gratis) dan banyak lagi kegiatan lain yang dilakukan guna meningkatkan penguasaan, ketrampilaan dan pengetahuan terhadap persoalan, membantu pemenuhan kebutuhan hidup khususnya menciptakan pelung usaha sesuai minat dan bakat anggotaa.

Menurut Bernadete sejauh ini CUDL telah banyak membantu pemerintah dalam mengubah pola pikir anggota untuk dapat mengelolah keuangan keluarga baik dan bijaksana, dapat membedakan kebutuhan dan keinginan juga mendukung memulai usaha kecil, mendukung pelaku usaha kecil dengan berbagai produk dan bunga yang lebih kecil dari pada bunga umum.

Kebersamaan  dan kegembiraan sangat dinikmati anggota tatkala  permainan geme yang mengesankan, makan bersama dan diakhiri dengan foto bersama. (*)

Teks/Foto : Kinda Lenjau, S. Th (Tim Publikasi DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom