SIMP4TIK News  Berdasarkan Inpres Nomor 4 Th 2022 Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Dan Inpres Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, Dinkes P2KB melalui Bidang Dalduk dan KB melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kader dan Penyerahan Bantuan untuk Kampung KB di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Sebatik. (9/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kelompok Kerja Kampung KB Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim dan Tim, Kabid PPKB dan Jajarannya, PKB Se Pulau Sebatik, Perwakilan Camat Se Pulau Sebatik, Perwakilan Pkm Sei Taiwan, Kepala Desa Se Pulau Sebatik, Ketua Kampung KB Emas Desa Balansiku, Kayu Angin Tanjung Karang, Harapan Kita Desa Setabu, Lourdes Desa Sei Limau, Abadi Sejahtera Desa Aji Kuning, Harapan Sejahtera Desa Tanjung Harapan, Srikandi Desa Binalawan, Lapri Desa Lapri, Tanjung Berseri Desa Tanjung Aru, Kader PPKBD, Kader TPK, Kader Posyandu.

Pembinaan bertujuan untuk menjelaskan Konsep Pengorganisasian Kampung KB Dan Pelaksanaan Konvergensi Dan Integrasi Program Di Kampung Keluarga Berkualitas, menguatkan komitmen dan peran stakeholder kunci dalam penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, mengakselerasi capaian target pembentukan dan peningkatan klasifikasi kampung KB di kabupaten/kota, melaksanakan pembinaan dashat dan percepatan penurunan stunting di kampung KB dan penyerahan dukungan sarana pembinaan kampung KB.

Bantuan Dukungan yang diberikan oleh Dinkes P2KB berupa alat masak yang dapat digunakan untuk mengolah makanan sehat. Sementara itu riteria penerima dukungan sarana pembinaan kampung KB antara lain merupakan Kampung KB Aktif Dan Minimal Berstatus Berkembang, Bantuan Sarana Berupa Alat Teknologi Tepat Guna( ATTG) untuk dukungan sarana Kampung KB Atau Dashat.

ATTG diterima oleh Ketua/Pokja Kampung KB sebagai Inventaris Kampung KB. Bagi Kampung KB penerima bantuan wajib melakukan updating laporan kampung KB melalui website dengan target peningkatan klasifikasi kampung KB.

Suriyati, S.E, Kabid Dalduk dan KB menyampaikan bahwa diharapkan penerima bantuan dapat menggunakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana yag diberikan dengan baik untuk mengedukasi keluarga dalam menyajikan makanan sehat untuk mengatasi stunting, selain itu kampung KB yang telah dibina dapat lebih berkembang dan menginput semua kegiatannya pada web kampung KB.

 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom