Sebatik, SIMP4TIK - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan mewakili pemerintah daerah menyambut baik adanya kegiatan festival literasi di perbatasan yang di selenggarakan oleh Provinsi Kalimantan Utara yang berlangsung di lapangan Aztrada88 Sei Taiwan Kecamatan Sebatik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris sekaligus Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan acara gerakan membaca serentak 15 menit, lomba baca puisi, lomba mengarang cerpen, lomba mendongeng, dan lomba read aloud.

Dalam kegiatan tersebut, Erlina berharap dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan literasi di Kabupaten Nunukan khususnya di pulau sebatik. 

“Jadi literasi disini tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga berhitung serta kreativitas bagaimana meningkatkan kemampuan SDM nya itu sendiri. Mudah-mudahan kegiatan seperti tidak berhenti disini, tetapi bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” ucap Erlina, Senin (16/09/2024).

Erlina akui, di era digitalisasi teknologi yang semakin berkembang menjadi tantangan tersendiri untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Banyak fasilitas perpustakaan buku yang disediakan perpustakaan elektronik yang menjadi salah satu terobosan oleh perpusnas untuk memfasilitasi bagi anak-anak yang tidak sempat berkunjung ke perpustakaan.

“Perpustakaan elektronik ini terobosan dari perpusnas untuk memfasilitasi anak-anak yang tidak sempat berkunjung ke perpustakaan, nah dari rumah mereka juga bisa mencari referensi buku-buku dengan mengakses secara online,” katanya lagi.

Sekretaris DPK ini berharap agar anak-anak juga harus memberikan waktunya untuk berkunjung ke perpustakaan. Untuk perbedaannya, digitalisasi dan perpustakaan itu digitalisasi bisa diakses dari rumah atau di kamar, tetapi kurang interaksi. Sementara di perpustakaan anak-anak banyak berinteraksi.

“Mudah-mudahan disamping perkembangan digitalisasi elektronik perpustakaan melalui online tetap berjalan dan kunjugan ke perpustakaan tetap meningkat,” imbuhnya.(*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom