SIMP4TIK News - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Pemerintah Kabupaten Nunukan, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (KORMI) serta Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Nunukan menggelar even festival olahraga tradisional Tahun 2022 di Stadion Sei Bilal, Sabtu (17/12). 

Ketua KORMI Kabupaten Nunukan, Andi Muhammad Akbar  yang di Wakili Ketua I Helmy Pusdalikar menuturkan bahwa, festival olahraga tradisional yang didukung sepenuhnya oleh Kemenpora RI bersama Pemerintah Kabupaten Nunukan di penghujung tahun 2022 ini, menjadi jaminan bahwa pengembangan olahraga tradisional di wilayah perbatasan masuk dalam skala prioritas.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Hanafiah mengatakan jika mengingat masa-masa di tahun 80 hingga 90an, maka kita pasti mengenal berbagai jenis permainan tradisional yang ada di lingkungan sekitar kita. Mulai dari egrang, gasing, bakiak, gobag sodor dan banyak lagi. Setiap daerah memiliki permainan tradisionalnya masing-masing. Seiring perkembangan zaman, permainan atau olahraga tradisional itu mulai kita lupakan. Generasi 2000an lebih mengenal play station dan bermacam jenis game di handphone. Maka apa yang terjadi, anak - anak kita menjadi kurang sosialisasi, lebih emosional dan kurang bergerak sehingga lebih gampang sakit.

Hanafiah menyambut baik inisiatif dari Kormi yang menggelar festival olahraga tradisional kali ini. Melalui festival ini, kita bisa memperkenalkan kembali berbagai jenis olahraga tradisional kepada masyarakat terutama kepada anak - anak kita.

"Kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan dan digalakkan di sekolah - sekolah di Kabupaten Nunukan. Bahkan kalau perlu, Kormi bisa menggelar kejuaraan yang secara rutin mempertandingkan jenis olahraga tradisional ini. Dengan menghidupkan kembali olahraga, maka secara tidak langsung kita juga telah ikut menjaga dan melestarikan budaya asli kita di tengah masyarakat," harap Hanafiah.(*)

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom