Nunukan, SIMP4TIK -  Mewakili Bupati Nunukan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah  Dian Kusumanto membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Pengukuran Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (IPKB PKNS) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (7/3/2024).

Disampaikan Dian, Kabupaten Nunukan masuk dalam 18 wilayah yang menjadi pusat kegiatan strategis nasional (PKNS) yang ditetapkan dalam RPJMN tahun 2020 - 2024, sehingga penyusunan IPKP ini perlu dukungan bersama.

"Seperti diketahui bersama PKNS Long Midang, Tau Lumbis, Sebatik dan PKNS Nunukan adalah wilayah yang telah ditetapkan menjadi kawasan perbatasan yang diharapkan mengalami pertumbuhan.Dengan menyelesaikan Quisioner untuk IPKP PKNS potensi darat dan potensi laut maka kita sudah membantu daerah tersebut untuk dapat terus maju dan berkembang," jelasnya.

Lanjut Dian, Pemerintah Daerah mendukung apa yang menjadi maksud dan tujuan dari BNPP kali ini, karena kami menyadari wilayah perbatasan ini tidaklah dapat dibangun oleh satu atau dua pihak saja, tetapi perlu kepedulian dan kemauan yang kuat dari semua pihak terkait, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, instansi vertikal serta TNI POLRI.

"Kedepan menjadi harapan kita bersama diakhir RPJMN tahun 2020 - 2024 perubahan dari wajah perbatasan itu dapat semakin nyata terwujud dan memenuhi target," pungkas Dian.

Sementara itu, Koordinator Fasilitas Pelaksanaan dan Monitoring dan Evaluasi Badan Nasional Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan mengatakan pengukuran IKPKB merupakan amanat dari RPJMN 2020 - 2024.

"Pengukuran tersebut dilakukan setiap tahunnya untuk mengetahui perkembangan PKNS Nunukan serta kendala yang dialami apa saja, sehingga didapatkan program - program kegiatan yang perlu menjadi usulan untuk pengembangan PKNS Nunukan," imbuhnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom