SIMP4TIK News - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nunukan Muhtar, S.H, M.Si didampingi Kabid Penyuluhandan  Kabid IPSP melakukan panen bersama padi sawah di Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat  Selasa, (21/02).

Pada panen bersama ini dilakukan panen pada padi varietas padi  jenis ciputri atau ciherang yang  mempunyai bulir padi yang cukup besar, walaupun anakan dalam rumpun agak kurang banyak. 

Pelaksanaan panen bersama ini menurut Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan}  Bina Mandiri  Tajang Karim merupakan wujud keseriusan kelompk tani di dalam membudi dayakan padi.

"Kami bersama dengan seluruh kelompok tani tetap konsisten menanam padi bahkan terjun langsung dalam pengemasan dan pemasaran beras hasil petani lokal agar  kebutuhan pangan lokal dapat terpenuhi sehingga kedepan kita tidak perlu l;agi mendatangkan beras dari Sulawesi atau Jawa," harapnya. 

Di dalam mewujudkan harapan itu, Tajang Karim mengakui tidak sedikit tantangan yang dihadapi.

"Gempuran, tantangan dan hambatan dalam usaha tani padi sawah sangat banyak, mulai tantangan tenaga kerja, usia petani yang relatif lansia, saingan produk dari luar daerah bahkan tantangan komoditas diluar pertanian yang banyak membuat petani beralih profesi," ungkapnya. 

Menyambut harapan dan komitmen petani Sebatik Barat, Muhtar SH MSi mengharpkan  petani  sekarang harus kreatif dan dapat menerapkan inovasi termasuk memaksimalkan penggunaan lahan yang tersedia dengan beragam budidaya.

"Contohnya setelah tanam padi dan menunggu hasil panen maka petani harus memanfaatkan waktu luang dan lahan sekitar pematang atau lahan kering untuk menanam Jagung Hibrida agar dapat meningkatkan pendapatan petani," jelasnya. 

Menurut Muhtar, teknologi merupakan solusi menjawab tantangan kekurangan tenaga kerja,  oleh karena itu Muhtar berharap  alat panen digunakan sebaik-baiknya, dijaga dan dirawat dengan baik.

"Ingat kami pemerintah daerah tetap mendukung dan maksimal mendampingi para petani," katanya.(*) 

Teks/Foto : Hadi (Tim Publikasi DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN )

Editor : Kaharuddin, SS