Nunukan, SIMP4TIK - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan, Muhammad Amin, SH., mengimbau kepada masyarakat yang beraktifitas di laut, agar lebih berhati-hati, mengingat cuaca buruk yang dapat mengakibatkan gelombang tinggi.

"Sesuai hasil koordinasi dan informasi yang kami dapatkan dari BMKG, saat ini kondisi untuk pelayaran memang mengalami kenaikan gelombang laut. Meski masih memungkinkan, namun kami tetap terus memantau apabila situasinya sudah tidak dapat dilakukan untuk berlayar maka kita akan tindaklanjuti dengan himbauan," terang, Amin, Selasa (5/3/2024).

Amin mengaku, pihaknya sudah memberikan imbauan secara lisan kepada agen, perusahan pelayaran dan penumpang yang ada di Kabupaten Nunukan maupun antar Kabupaten.

"Saat ini imbauan yang kami sampaikan masih dalam bentuk lisan, kita imbau untuk hati-hati dan tetap menggunakan alat keselamatan terutama para penumpang. Tidak hanya itu kami juga mengimbau kepada pihak kapal pelayaran untuk menyediakan keamanan untuk kapalnya sehingga dalam trayek pelayarannya bisa berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Terpisah, Kepala BMKG Nunukan William Sinaga, menyebut ketinggian gelombang di perairan Kaltara kategori sedang yaitu 1,25 - 2,5 meter.

"Saran keselamatannya untuk kategori gelombang sedang ini harap menghindari resiko terhadap keselamatan pelayaran yaitu Perahu Nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter, dan kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter, sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/pesiar  kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4,0 meter," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS