SIMP4TIK NEWS- Dalam rangka memperingati Hari Ibu, Kementerian Kesehatan RI menginisiasi Gerakan Bumil Sehat melalui kampanye #BumilSehat. Gerakan ini  dilakukan secara serentak pada tanggal 22 Desember 2022, pada pukul 14.02 WIB melalui sosial media masing-masing.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

Puncak pekan gerakan ibu hamil sehat 22 Desember 2022 di Kabupaten Nunukan di laksanakan di Kecamatan Sebatik Tengah dengan tema “Bersama Dukung Ibu Hamil menjadi Ibu yang Paling Bahagia”. Dukungan diberikan melalui kegiatan apresiasi pada ibu hamil dan fasilitas kesehatan, penandatanganan deklarasi ibu hamil dalam mencegah anak stunting serta edukasi interaktif melalui talkshow kesehatan dengan narasumber dokter spesialis obgyn dan ahli gizi.

34 ibu hamil di Kecamatan Sebatik Tengah hadir. Jumlah tersebut mencapai hampir seluruh jumlah ibu hamil di Kecamatan tersebut. Mereka aktif bertanya seputar kehamilan dan nutrisi untuk pencegahan stunting pada sesi talkshow. Ibu hamil cukup antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada acara ini juga dibahas seputar mitos tentang kesehatan yang berkembang di masyarakat yang tidak sesuai dengan ilmu kesehatan.

“Stunting bisa dicegah sejak dini semenjak bayi di dalam kandungan, meskipun ada faktor lain yang menyebabkan stunting, namun faktor nutrisi yang paling utama untuk bisa mencegah anak lahir stunting, diharapkan ibu hamil tetap memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan. Sehingga bisa melahirkan generasi sehat bebas stunting," ujar dr. Iedil, Sp.OG, salah satu narasumber kegiatan.

Pekan gerakan ibu hamil sehat  dimulai pada tanggal 14 – 20 Desember 2022 dilaksanakan oleh semua puskesmas di Kabupaten Nunukan  melalui pemeriksaan kesehatan  pada ibu hamil seperti penilaian berat badan, tinggi badan, status gizi, tekanan darah, tinggi fundus, presentasi janin, status imunisasi  TT, pemberian tablet tambah darah, tes laboratorium, pemeriksaan ultrasonografi, tatalaksana kasus dan temu wicara, kelas ibu hamil disertai edukasi, makan bersama menu gizi seimbang dan minum Tablet Tambah Darah dan deklarasi ibu hamil sehat.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS