SIMPATIK News - Kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital "MakinCakapDigital 2023" untuk segmen pendidikan di wilayah Kalimantan Utara, Jumat (19/5). 

Program Literasi Digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif,produktif,dan aman.

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital "MakinCakapDigital di tahun 2023" yang ahli di bidangnya untuk berbagi antara lain Akmal,S Kom M AP .

Ia pun memberikan tips aman dalam berinternet, di antaranya dengan memahami jejak digital.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, SMPN 1 Nunukan juga tidak mau ketinggalan. SMPN 1 Nunukan telah membuat tim pembuatan podcast, dan ekstrakulikuler yang menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Nunukan, Rustiningsih mengatakan penggunaan internet pada anak harus dilakukan dengan bijak. Sebab, dalam mengakses berbagai konten harus searah dengan penggunaan yang baik untuk dunia pendidikan anak itu sendiri.

“Anak-anak harus bisa memilih dan memilah konten maupun fitur yang baik untuk digunakan di internet,” ujar Rustiningsih.

Menyikapi gerakan literasi digital ini suskses menarik perhatian ribuan pelajar yang hadir dan mengikuti acara yang digelas di Gedung Olah Raga Nunukan. (*)

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim