SIMP4TIK News - Rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke - 58 akan tiba dipuncak acara kegiatan  Jambore Kader Posyandu (10/11) telah diperoleh pemenangnya antara lain Juara 1 Posyandu Durian dari Kelurahan Nunukan Utara, Juara 2 Posyandu Nuteng dari Kelurahan Nunukan Tengah, Juara 3 Posyandu Pilar 3 dari Puskesmas Aji Kuning, Juara Harapan 1 Posyandu Gebuk Rindu dari Puskesmas Sei Taiwan, Juara Harapan 2 Posyandu Spontan dari Puskesmas Sungai Nyamuk dan Juara Harapan 3 Posyandu Anggrek dari Kelurahan Selisun.

Selanjutnya kegiatan Germas Health Expo 2022 (11/11). Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WITA diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan Pemeriksaan PTM (Cek gula darah dan Asam Urat)

Acara yang digelar di Paras perbatasan ini berlangsung sukses. Peserta datang dari berbagai lapisan masyarakat. Wakil Bupati Nunukan , Ketua Tim Penggerak PKK, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Badan Penanaman Modal, Direktur RSUD Nunukan, Kepala Bapeda, Perwakilan OPD, Siswa-siswi pesantren, siswa siswi utusan dari beberapa sekolah, dan segenap keluarga besar Dinkes P2KB.

Ada juga acara di dalam gedung yaitu Edukasi terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Masalah kesehatan anak-anak pondok pesantren di Kabupaten Nunukan dengan Narasumber Kabid Promkes dan SIK dan dokter spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Nunukan.  Edukasi dihadiri oleh 125 orang yang terdiri dari siswa - siswi Pondok Pesantren Hidayatullah, Pondok Pesantren Ibadurrahman, Pondok Pesantren Al Izza beserta ustadz/ustadzah pengasuh masing-masing.

Edukasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar warga pondok pesantren dapat membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, baik pengasuh maupun anak-anak santri dapat memahami masalah kesehatan terutama kesehatan perorangan yang sering di alami oleh santri sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Ada tujuh indikator PHBS di pesantren antara lain mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, menggunakan jamban sehat, membuang sampah ditempat sampah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), tidak meludah sembarang tempat, memberantas jentik nyamuk.

Acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kabupaten Nunukan akan dilaksanakan upacara pada hari Senin, 14 November 2022 mendatang yang mana akan diberikan penyerahan hadiah pada para pemenang lomba, serta penghargaan bagi Puskesmas dan tenaga kesehatan terbaik tingkat Kabupaten Nunukan.  Penghargaan tersebut diberikan sebagai reward kepada tenaga kesehatan yang telah mengabdikan diri untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Nunukan.

 

 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom