SIMP4TIK News - Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan Road to Hakordia sebagai bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi yang diperingati setiap tahunnya pada 9 Desember bertempat di Ruang Rapat Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Jumat (8/12).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi menyampaikan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati setiap tahun sejatinya untuk terus melakukan berbagai kegiatan dan memerangi korupsi di lingkungan masing-masing.

“Korupsi tidak hanya merupakan pelanggaran hukum dan keadilan tetapi juga sebagai pelanggaran atas nilai-nilai kemanusiaan, merusak sendi-sendi kemasyarakatan serta mengancam eksistensi bangsa dan negara,” kata Hanafiah.

Tindak pidana korupsi sangat bertolak belakang dengan nilai agama. Tidak ada toleransi sedikit pun bagi yang melakukan tindak pidana korupsi.

Sementara itu, Moch. Yusran sekalu Ketua Bawaslu Kabupaten Nunukan dalam paparannya, ada korelasi sosialisasi yang berlangsung dengan Pemilu mendatang. 

Disampaikan, ada beberapa sumber atau motivasi penyebab mengapa beberapa orang melakukan korupsi. Yang pertama karena penghasilan rendah sehingga nekat melakukan apa saja demi penghasilan lebih untuk kebutuhan pokok sehingga korupsi, kedua ingin memperkaya diri, meskipun penghasilan sudah relatif cukup terpenuhi kebutuhannya, akan tetapi ingin lebih memperkaya diri dan ketiga, korupsi karena mendukun jaringan politik. 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom