Nunukan, SIMP4TIK - Di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Lapas Kelas II B Nunukan membuka jadwal kunjungan tatap muka (Besukan) bagi keluarga warga binaan.

Jadwal kunjungan ini dibuka untuk mereka yang ingin merayakan Idul Fitri bersama orang yang dicintai yang saat ini menjadi warga binaan.

Kalapas Nunukan, Puang Dirham mengatakan, jadwal besukan bagi keluarga warga binan dibuka mulai Rabu (10/4/2024) hingga akhir pekan atau minggu (14/4/2024),  mulai pukul 09.00 WITE, Istrahat pukul 12.00 WITE, buka kembali Pukul 13.00 WITE hingga pukul 17.00 WITE.

"Kunjungan keluarga kita laksanakan selama 5 hari, di mulai hari pertama lebaran sampai hari minggu, kenapa kita sampai hari minggu pemikiran saya mungkin masih banyak keluarga yang masih mudik lebaran dan hari minggu peluang untuk mereka bertemu dengan warga binaan di dalam,” terangnya, Rabu (10/4/2024).

Kalapas menegaskan, tidak ada kelonggaran yang berlebihan saat membuka jadwal kunjungan ini.

“Sama seperti biasanya, bahkan kita lebih waspada, karena jumlahnya kita khawatirkan banyak atau membeludak,” ungkapnya.

Menurut Puang Dirham, untuk kenyamanan keluarga warga binaan yang membesuk, dihari bahagia ini pihak lapas, menyiapkan aula Lapas sebagai tempat pertemuan para keluarga dengan warga binaan.

“Kita memberikan spes yang lebih besar , ruangan saja yang lebih besar, sebagai antisipasi banyaknya pengunjung, itu saja," ujar Puang Dirham.

Puang Dirham, mempersilakan pihak pengunjung yang datang membawa makan dari luar.

“Boleh membawa makanan sesuai prosedur yang bisa dimakan, tidak membawa makanan yang tertutup, artinya kemasan pabrik itu tidak boleh, takutnya terjadi manipulasi sehingga di dalamnya atau isinya telah dimodifikasi, karena itu kami juga telah menempatkan beberapa petugas jaga di depan pintu masuk, untuk memeriksa barang bawaan pengunjung," tuturnya.

Puang Dirham berharap, pertemuan para keluarga  dengan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Nunukan, dapat menjadi motivasi warga binaaan agar saat bebas menjadi orang yang lebih baik lagi, tidak mengulangi perbuatan yang merugikan dirinya dan keluarga. 

Dari pantauan di lapangan, jam kunjungan yang dibuka mulai pukul 09.00 WITA, sudah banyak pengunjung yang beramai-ramai datang ke Lapas Nunukan.

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom