Nunukan, SIMP4TIK – Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Disbudporapar kembali akan melaksanakan lomba senam Yameto dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan ke 25 tahun 2024.

Kabid Parpora Nunukan, Marlina Puspitasari S.E, mengatakan, lomba senam Yameto kembali akan digelar pada tanggal 6 sampai dengan 9 agustus 2024 di depan Paras Perbatasan.

“Lomba akan dilaksanakan selama 4 hari mulai  tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2024 di depan Paras Perbatasan," ujarnya.

Terkait pendaftaran panitia telah membuka pendaftaran di kantor Disbudporapar Nunukan, Jl Sei Sembilan, Nunukan Selatan, hingga tanggal 2 Agustus 2024.

“Kami masih membuka pendaftaran hingga Tanggal 2 agustus, jadi masyarakat nunukan baik kelompok senam tingkat RT, Kelurahan dan kecamatan, OPD, sanggar senam sehingga organisasi bisa berpartisipasi mengikuti lomba ini," harapnya. 

Sementara itu, Marlina juga menjelaskan, untuk tahun ini di kategori pelajar tingkat SMA akan memperebutkan piala bergilir yang baru, setelah SMA Nusa Nunukan berhasil menjadikan nya piala tetap bagi mereka karena telah jura tiga kali berturut-turut. 

“SMA Nusa sebagai pemegang piala bergilir dan menjadi piala tetap pertama karena telah tiga kali juara berturut-turut selama tiga tahun, dan tahun ini di perayaan HUT Kabupaten Nunukan ke 25 akan memperebutkan kembali piala bergilir Bupati Nunukan yang baru khusus SMA, Sementara untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta umum belum ada yang meraih piala tetap," ungkapnya.

Lomba Senam Yameto ini sendiri digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke 25 Kabupaten Nunukan, selain sebagai sarana olahraga, juga agar budaya daerah khas Kabupaten Nunukan yang berasal dari Dayak Lundayeh yang dituangkan dalam senam Yameto tersebut dapat dikenal secara luas dan terus lestari.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom