SIMP4TIK  NEWS –   Warga Gereja Toraja Jemaat  Eben Hazer Nunukan merayakan Jumat Agung,  yang ada dilaksanakan  di Gereja Toraja  jalan Sutanto,  pada Jumat (29/3).

Warga jemaat yang hadir semuanya  mengenakan pakaian serba hitam mengikuti ibadah,  dibawah tema  “Oleh Bilur-BilurNYA Kita Menjadi Sembuh “. Dandalam ibadah tersebut juga dilaksanakan perjamuan kudus bagi anggota jemaat.

Jumat Agung merupakan  hari suci bagi seluruh umat Kristiani  didunia, dimana untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus dan kematian-Nya di Golgota. Hari Jumat ini kadang disebut juga dengan  Jumat Suci, atau Jumat Agung dan Suci, atau Jumat Hitam.  Dan pada Hari ini dianggap sebagai puncak pelayanan Yesus di dunia, oleh sebab itu diberi sebutan 'Agung'.

Menurut  Pendeta  Gereja Toraja   Venary Kurniawan Yudi, S.Th  bahwa  peristiwa Jumat Agung adalah  menghayati kematian Yesus Kristus diatas  kayu salib  untuk menebus dosa-dosa manusia,  jadi patut disyukuri bahwa kasih Tuhan itu besar ditengah-tengah kehidupan manusia  sehingga Tuhan rela menggantikan kita menanggung semua kepedihan demi menebus  dosa-dosa kita

Lanjut  pendeta Venary mengatakan  bahwa sehari sebelum jumat Agung juga telah dilaksanakan ibadah Kamis Putih,  dalam peristiwa Kamis Putih kita belajar  bagaimana merendahkan diri ditengah tengah  kehidupan kita,  kalau  Yesus  yang adalah Tuhan sanggup dan bersedia untuk membasuh kaki murid-muridnya.

Maka  lewat peristiwa itu Yesus mau menyatakan kepada siapapun bahwa engkau tidak perlu  membatasi apapun untuk merendahkan diri,  engkau sanggup dan mampu  melayani sesamamu  dalam kerendahan hati  jangankan orang lain Tuhan saja sanggup  untuk sampai di level itu.

Selain Kamis Putih dan Jumat Agung dalam Pekan suci Gereja Toraja juga merayakan   Sabtu Sunyi dan yang terakhir adalah Minggu Paskah.(*)

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim