Nunukan, SIMP4TIK - Setelah bertanding sejak tanggal 30 Agustus lalu, akhirnya keluarlah pemenang lomba debat demokrasi pelajar tahun 2024. Bertempat di Kantor Bupati Nunukan Lantai 5, suasana grand final berlangsung meriah.

Berdasarkan hasil penjumlahan nilai dari dewan juri diperoleh selisih angka yang sangat signifikan antara SMA Negeri 1 Nunukan melawan SMA Negeri 1 Sebatik, dimana SMA Negeri 1 Nunukan memperoleh nilai lebih besar. Sehingga SMA Negeri 1 Nunukan dinyatakan sebagai Juara 1 dalam Kompetisi Debat Demokrasi ke-3.

Sementara itu, Juara 3 dengan nilai 557 diraih oleh SMAN 1 Nunukan tim debating revolution. Juara Hiburan jatuh kepada SMAN 2 Nunukan. Adapun juara favorit diperoleh SMAN 1 Seimanggaris.

Guru pendamping SMAN 1 Sebatik, Ahmad mengaku bangga dengan anak didiknya. Menurutnya SMAN 1 Sebatik aktif berpartisipasi pada lomba debat ini dari pertama diadakan.

"Ini sudah kali ketiga kami mengikuti. Yang pertama dan ketiga lolos sampai grand final, hanya yang kedua belum lolos. Sekolah sangat mendukung kegiatan seperti ini. Dukungan berupa moral dan finansial tersedia bagi siswa yang berminat mengikuti lomba," ucap Ahmad kepada tim publikasi, Rabu (4/09/2024).

Tim Pionir SMAN 1 Sebatik mengaku bangga dengan hasil mereka. Mereka yang saat ini di kelas XI mengaku ini adalah kali pertama mereka mengikuti lomba debat.

"Alhamdulillah langsung lolos grand final, meskipun pertama ikut. Dari sekolah ada dua tim yang ikut. Kami mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum bertanding," ujar Bayu, salah satu tim Pionir.

Akan ada kemenangan dan kekalahan dalam sebuah kompetisi. Namun, ini bukan sekedar ajang kompetisi untuk mencari pemenang, melainkan sebagai ajang yang berdampak atau jadi inspirasi bagi semua orang. 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS