SIMP4TIK NEWS- Perayaan menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-58 berpusat di Paras Perbatasan tidak terasa hampir usai. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Selasa dan Rabu tanggal 8 - 9 November ini  berlangsung meriah diisi berbagai kegiatan dan lomba. 

Lomba Bayi/ Balita Sehat diikuti oleh 7 bayi dan 10 balita yang merupakan perwakilan dari tiap Puskesmas di Kabupaten Nunukan.(8/11). Dewan Juri pada Lomba Bayi/Balita Sehat adalah Ketua PKK, dokter spesialis Gizi Klinik, dokter Umum dan psikolog. Aspek yang dinilai antara lain pola asuh orang tua, pemeriksaan fisik, status gizi dan aspek psikologi serta tumbuh kembang. Pemenang lomba bayi Sehat juara 1 adalah Muhammad Fauzan, Juara 2 Rafif Ahnaz Muntaz, Juara 3 Hayyin Annasya Akhmad. Pemenang Lomba Balita Sehat  Juara 1 Zahra Rahmania,Juara 2 Andi Ifah Abidan, Juara 3 Nayla Azkiya R.

Lomba selanjutnya adalah lomba senam cuci tangan. Kreativitas peserta lomba senam cuci tangan yang diikuti peserta SD sederajat patut di acungi jempol. Selain menari diiringi gerakan cuci tangan dengan 6 langkah cuci tangan, para peserta dengan lincahnya menampilkan dance-dance modern maupun dance tradisional. Musik yang diusung dalam performance juga beraneka ragam.

Dalam lomba senam cuci tangan grup diperoleh pemenang Juara 1 yaitu  SD N 002 Nunukan, Juara 2 adalah SD 010 Nunukan, Juara 3 dari SD 03 Nunukan. Untuk pemenang Harapan 1,2 dan 3 dimenangkan oleh SD 001 Nunukan Selatan, SD 004 Nunukan, SD 003 Nunukan Selatan. Tujuan di adakan lomba diharapkan dapat memicu masyarakat dan institusi pendidikan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini.

Perlombaan yang ketiga adalah Lomba Rangking 1 yang terdiri dari dua kategori yaitu SMP yang diikuti oleh 11 SMP Sederajat  di Kabupaten Nunukan dan SMA sebanyak 13 SMA Sederajat. Lomba rangking 1 cukup menegangkan,pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh pemandu acara meliputi soal ujian awal semester, ujian tengah semester dan ujian semester. Pertanyaan yang diajukan seputar informasi wawasan kesehatan seperti kesehatan reproduksi remaja, pengendalian PTM, covid-19, stunting serta informasi terkini lainnya.

Peserta menulis jawaban benar atau salah pada papan mereka masing-masing. Pemandu acara Dedy Wahyudi dan Nur Hadi sangat mumpuni dalam menjalankan perannya. Pasalnya peserta yang sebelumnya memilih jawaban benar,bisa menjadi ragu-ragu  kemudian beralih untuk menjawab salah. Hanya peserta yang benar-benar memahami esensi dari soal yang tidak mengubah jawabannya.

Juara Lomba Rangking 1 tingkat SMP adalah Putri Rhamadani  Juara 1 dari MTS Al-Ikhlas Nunukan, Nur Syudatul Hafifah Juara 2 dari SMP Nur Islam Hidayatullah dan Ratu Handayani Juara 3 dari MTS Ma’arif NU 01 Nunukan. Juara Lomba Rangking 1 tingkat SMA adalah Novia Juara 1 dari UPT SPNF SKB Nunukan, Putri Silvia Juara 2 dari dari MA Ma’arif NU Nunukan dan Adithya K.P.A Juara 3 dari SMA IT Ibnu Sina Boarding School.

Kegiatan perayaan menyambut HKN ke-58 untuk hari Jumat (11/11) tak kalah seru yaitu kegiatan senam secara masal dengan peserta masyarakat umum, ASN dan non ASN dan dirangkaikan dengan pemeriksaan gula darah dan asam urat gratis.(*). 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim