SIMP4TIK News - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan yang ke -24. Dinas Kesehatan P2KB melalui Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (DPC IPeKB) melaksanakan kegiatan dengan tema “GAS KAN BANG” Gerakan Sepekan Program Bangga Kencana.

Acara ini bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan mencegah stunting bagi remaja dan juga menggelar Aksi DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting). Sesuai dengan temanya yaitu Gerakan Sepekan maka kegiatan ini dilaksanakan dua kali selama sepekan yang terdiri dari Kampanye Stunting dilaksanakan di Masjid Miftahul Khair Pantai Lestari, Paras Perbatasan pada Selasa (17/10) dan kegiatan Aksi DASHAT akan dilaksanakan pada Jumat (20/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 siswa siswi PIK- R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) yang ada di Kabupaten Nunukan. DPC IPeKB menggandeng Duta Genre dalam rangkaian acara GAS KAN BANG termasuk penyampaian materi dengan konsep dari remaja untuk remaja.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, doa bersama dan sambutan Ketua DPC IPeKB Dalam sambutannya Ketua IPeKB, Aliasmajuddin, S.KM menyampaikan, "Diharapkan remaja di Kabupaten Nunukan bisa menjadi remaja yang berkualitas, menghindari pernikahan dini dan bisa mengikuti kegiatan ini dengan intensif," ucapnya.

Selanjutnya sambutan  Sekretaris Dinkes P2KB, Sabaruddin, S.KM., M. Kes. S menyampaikan,  bahwa kehidupan bangsa Indonesia kedepan ada di tangan generasi remaja. Selain itu Sabar juga memberikan gambaran pentingnya remaja untuk berorganisasi agar terbiasa menyelesaikan permasalahan ketika sudah dewasa, karena kualitas remaja yang aktif berorganisasi akan jauh berbeda dengan remaja yang tidak aktif.

Sekretaris Dinkes P2KB ini juga mengharapkan agar duta genre dan remaja yang hadir bisa menjadi agen of change di Kabupaten Nunukan.

Memasuki acara inti dimulai dengan ice breaking oleh Duta Genre dan dilanjutkan dengan materi oleh St.Nur Halifah (2 Ipa 4-SMANSA  NUSA), Julia Narelly Candni(11 SMA IT Ibnu Sina Boarding Schooll Nunukan), Muh Agus Salim (XI PSP 7-SMA NEGERI 1 Sebatik), Dwi Arya Ananda (X IPA 2/ SMAN 3 Nunukan), Ady Kurniawan (12 IPA 2/SMANSA NUSA), Muhammad Daffa Zaki(12 Smait Ibnu Sina Boarding School Nunukan), Fajri Khairafi(11 IPA 2/SMANSA NUSA), Nicken Kiranitta Ananda Riyansiah(10 IPA 1/SMAN 3 NUNUKAN),  Nasywa Asshifa Raidha(11 IPA 3/SMANSA NUSA).

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom