Nunukan, SIMP4TIK - Isi liburan sekolah dalam rangka hari besar keagamaan, anak –anak di Jl. Persemaian Kelurahan Nunukan Tengah  mengisinya dengan kegiatan positif, seperti bermain games catur dengan menggunakan bidak dari tutup kemasang botol bekas.

Permainan sederhana namun seru dan mampu mengasah otak anak-anak ini cukup menarik, karena mereka dituntut bisa memenangkan permainan dengan aturan  siapa yang terlebih dahulu memindahkan bidak atau tutup botol ke tempat lawan itu yang menang.

Tidak hanya bermain games catur dengan tutup botol anak-anak juga bermain bekel dengan kulit kerang bersama teman-teman dengan bahan yang ada disekitar rumah tentunya murah dan mengasyikan.

Kinawa (14) yang merupakan Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengatakan sangat senang bermain tradisional bersama dengan teman-temannya, ia mengakui untuk mengisi liburan sekolah lebih memilih permaianan tradisional, selain bahannya mudah didapatkan karena hanya menggunakan bahan bekas disekitar rumah, permainannya juga seru.

”Permainan seperti ini lebih seru, bahannya juga mudah didapat karena ada disekitar rumah, selain bisa kumpul dengan teman-teman, kita juga bisa belajar. Bermain tradisional jauh lebih asik dari pada hanya main game dari HP,” ucapnya, Minggu (12/05/2024).

Senada dengan Kinawa, Catarine (11) yang masih duduk di kelas 5 SD ini, mengakui senang karena bisa berkumpul dan bermain dengan teman-teman.

“senang bisa main sama teman, tadi main catur dengan tutup botol, main dengan kulit kerang bekas, main lompat tali, dan lomba-lomba kejar-kejaran, jadi asik dan juga sehat,” tuturnya.

Tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, bagi orang tua tentunya bisa lebih senang melihat anak bermain permainan tradisional mengisi waktu libur ketimbang harus bermain HP.

“iya, bagus seperti ini kumpul dengan bermain tradisional, ketimbang selalu main HP jadi bisa membuat mereka lebih aktif dan kreatif, dan cerdas memanfaatkan benda disekitarnya untuk jadi permainan yg mengasikan,” imbuh, orang tua Catarine, Nofrita.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom