Nunukan, SIMP4TIK - Jurusan Perikanan banyak diminati oleh siswa-siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal tersebut dilihat dari jumlah penggunaan ruang kelas.

Bambang sebagai kepala program agribisnis perikanan membeberkan, dari enam jurusan yang ada di sekolah SMK Negeri 1 Nunukan, ruang kelas terbanyak adalah jurusan perikanan.

“SMK ini ada enam jurusan, nah yang paling banyak diminati siswa adalah jurusan perikanan. Jurusan lain hanya menggunakan satu ruangan kelas, berbeda dengan perikanan ruangan kelas yang digunakan sampai empat,” ujar Bambang saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2024).

SMKN 1 Nunukan menawarkan enam kompetensi keahlian diantaranya multimedia, akuntansi dan keuangan lembaga, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura, agribisnis perikanan air tawar, agribisnis perikanan air payau dan laut. Dengan Kombinasi teori 30 persen dan Praktik 70 persen untuk mempersiapkan siswa siap kerja.

“Tapi nanti akan ada pengurangan jurusan, seperti multimedia dan perkantoran. Untuk jurusan multimedia hanya tersisa kelas XI dan XII saja,” tambah Bambang.

Untuk jurusan perikanan memang jurusan yang pertama kali dibentuk sejak berdirinya SMK Negeri 1 Nunukan pada 2003, lanjut Bambang.

Nawacita Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sehingga 2016 Presiden mengeluarkan INPRES nomor 9 tentang revitalisasi SMK dengan empat prioritas bidang keahlian. Yaitu kemaritiman (perikanan dan kelautan), ketahanan pangan, ekonomi kreatif dan parawisata. 

Melihat kondisi tersebut, pada 2019 jurusan perikanan membentuk dua kompetensi keahlian yaitu kompetensi keahlian agribisnis perikanan air tawar dan kompetensi keahlian agribisnis perikanan air payau dan laut.

 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom