SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM PhD hadiri kegiatan Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Sepak bola Desa Sanur Kecamatan Tulin Onsoi, Rabu (2/8).

Kegiatan Germas yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud.

"Dengan kegiatan seperti ini diharapkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri dan sekitarnya semakin meningkat dan dapat menjadi motivasi untuk selalu hidup bersih dan sehat," ujar Laura.

Laura berharap melalui Germas kasus stunting secara terintegrasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Nunukan dapat segera diatasi. Kalau dilihat kasus stunting lebih banyak faktor yang mempengaruhi antara lain buruknya sanitasi, imunisasi, air bersih, rumah dan lingkungan yang tidak sehat serta perilaku hidup yang tidak sehat. 

"Untuk itu saya mengajak mari kita bersama- sama dan melaksanakan program Germas menjadi sebuah pilihan untuk menekan kasus stunting termasuk dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik sehingga stunting khususnya di Kabupaten Nunukan,bisa berkurang dan masyarakat Nunukan senantiasa hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Sementara itu Plt. Dinas Kesehatan Hj. Miskia mengatakan, masalah kesehatan  yang dialami sebagian besar di daerah Indonesia sepertinya berada pada pemenuhan gizi masyarakat. Kesehatan ibu dan anak, meningkatnya kasus penyakit menular dan tidak menular juga di alami Kabupaten Nunukan. 

"Menurut data survei, revalensi stunting di Kabupaten Nunukan masih tinggi, sedangkan kasus penyakit tidak menular juga mengalami peningkatan terutama kasus hipertensi dan diabetes. Oleh karena itu kegiatan Germas ini salah satunya adalah agar tersebar luasnya informasi, edukasi tentang gerakan  hidup sehat kepada masyarakat," ungkapnya.

Acara dirangkai dengan senam bersama, pemberian bantuan, deklarasi Ayah/Bunda Asuh Stunting, perilaku hidup bersih dan sehat Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Tulin Onsoi, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, lomba kreasi menu sehat berbahan pangan lokal, pemeriksaan gratis di posbindu, serta penyerahan hadiah berbagai lomba. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS