SIMP4TIK News - Kampanye Pembudayaan Germas di Pondok Pesantren (Ponpes) As’Adiyah Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatk Timur berlangsung sukses. Kegiatan ini diikuti oleh 500 orang peserta yang terdiri dari remaja khusus siswa/siswi dan pengurus Ponpes As’Adiyah Sungai Nyamuk bertempat di Halaman Gedung Astrada Sungai Nyamuk, Jumat (2/12).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Germas khususnya bagi warga pesantren As’Adiyah Sungai Nyamuk agar kedepannya dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah maupun asrama.

Pelaksanaan Germas dengan tema Gerakan Aksi Gizi Integrasi dengan Layanan Kesehatan Bergerak ini dihadiri dari Dinkes Provinsi Kalimantan Utara, Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan, Pejabat Kecamatan Sebatik Timur, Forkopimcam Sebatik Timur, KUA Sebatik Timur, Kepala UPT Dinas Pendidikan Sebatik Timur, Tim PPK Kecamatan Sebatik Timur, Pengurus Ponpes As’Adiyah, Penyuluh agama, penyuluh KB serta Guru.

Acara diawali dengan senam bersama selama 30 menit dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan siswa/siswi ponpes oleh 5 tim kesehatan dari Puskesmas Sungai Nyamuk, Sei Taiwan, Lapri dan RSP Sebatik.

Tak ketinggalan edukasi yang menarik dengan materi gizi pada remaja yang dibawakan dr. Spesialis Gizi Klinik RSUD Nunukan, dr.Eiyta Ardinasari, Sp.GK serta materi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat oleh dr. Arbaya, Kepala Puskesmas Sungai Taiwan.

Dalam kampanye germas kali ini dilaksanakan 4 aksi nyata di lapangan yaitu aktivitas fisik selama 30 menit, kampanye makan buah dan sayur, pembagian paket makanan bergizi untuk siswa/siswi ponpes dan pemeriksaan pelayanan kesehatan. Diharapkan Germas bukan hanya menjadi seremonial saja dan bisa diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom