SIMP4TIK News – Kampung KB Desa Balansiku Kecamatan Sebatik, terpilih mewakili Kabupaten Nunukan mengikuti Lomba Kampung KB di tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Kampung KB Desa Balansiku selanjutnya akan bersaing untuk memperebutkan tiket Lomba Kampung KB di tingkat nasional sebagai wakil dari Provinsi Kalimantan Utara.

Memastikan Kesiapan Kampung KB Desa Balansiku, maka dilaksanakan verifikasi terhadap kesiapannya oleh sebuah tim dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur berlangsung pada Rabu (5/4/2023).

Menurut Ketua tim verifikasi Sunarto walau disebut sebagai tim verifikasi, namun pihaknya lebih mengarah pada bentuk pembinaan terhadap kesiapan Desa Balansiku untuk maju ke ajang lomba berikut dan layak menjadi peserta untuk lomba di tingkat Provinsi bahkan hingga di tingkat nasional.

Sunarto menjelaskan pembinaan oleh tim yang dipimpinnya, akan melihat atau melakukan pengecekan, apakah standar Kampung KB di Desa Balansiku sudah benar-benar dilaksanakan oleh desa yang akan menjadi peserta lomba di tingkat Provinsi bahkan hingga di tingkat nasional.

“Untuk penilaiannya, standarnya melihat melihat apakan delapan Kelompok Kerja (Pokja) yang identik dengan delapan fungsi kelurga di desa peserta lomba sudah terlaksana dengan baik,” ujar Sunarto. 

Namun, Sunaro yang juga merupakan Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Timur di Kalimantan Utara ini percaya, terpilihnya Kampung KB di Desa Balansiku untuk menjadi peserta lomba mewakili Kabupaten Nunukan hingga ke level yang lebih tinggi, bukan tanpa alasan.

Direkomendasikannya Kampung KB Desa Balansiku mewakili Kabupaten Nunukan ke ajang lomba serupa di tingkat yang lebih tingg, tentunya didasari fakta-fakta bahwa Desa Balansiku memang layak mewakili Kabupaten Nunukan.

Kepala Desa Balansiku, Firman Latif menyampaikan rasa bangganya karena terpilihnya Kampung KB pada desa yang dia pimpin ini mendapat kepercayaan mewakili kabupaten Nunukan di ajang lomba tersebut.

Menurutnya terpilihnya Kampung KB Desa Balansiku untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi bahkan diharapkan hingga ke tingkat nasional, murni karena fakta di lapangan.

Firman Latif berharap, Desa Balansiku dapat memberikan hasil terbaik untuk mengharumkan nama daerah pada ajang lomba kali ini.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS