SIMP4TIK News - Sabtu, 9 Desember 2023, sebuah musibah kebakaran melanda Desa Sekalayan, tepatnya di RT.08, Kecamatan Sei Menggaris, Kalimantan Utara. Kejadian tragis ini terjadi sekitar pukul 01.00 WITA, menghanguskan sebuah gereja dan rumah pastori GKII Sekalayan Daerah Tatatinun.

Gereja yang menjadi korban adalah Gereja GKII Sekalayan, didirikan sejak tahun 2006 dan menjadi tempat ibadah bagi masyarakat sekitar. Gereja ini memiliki luasan 8x20 meter dengan struktur bangunan non permanen. Selain itu, bangunan rumah dinas gembala dan asisten yang memiliki luasan 6x8 meter juga ikut terkena dampak kebakaran.

Informasi yang dihimpun menunjukkan bahwa kebakaran disebabkan oleh konsleting listrik yang terjadi pada sekitar pukul 1 dini hari. Pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan penyebab pasti kejadian ini.

Bapak Gembala Sekalayan, yang merupakan pemimpin gereja, menyampaikan informasi bahwa dalam kebakaran tersebut tidak ada barang berharga yang dapat diselamatkan. Api dengan cepat melalap bangunan gereja dan rumah pastori, meninggalkan kehancuran dan duka mendalam bagi jemaat dan komunitas setempat.

Personil BPBD yang terlibat langsung yakni Kasubid Penyelamatan Hasanuddin berkordinasi dengan pihak gereja GKII skalayan Kecamatan Sei Menggaris. Selanjutnya akan melakukan upaya memberikan bantuan dan dukungan kepada warga yang terkena dampak.

Kejadian ini menyisakan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat Sekalayan, baik secara spiritual maupun materiil. Pemerintah setempat dan pihak terkait diharapkan segera memberikan bantuan dan dukungan kepada korban kebakaran untuk membantu proses pemulihan dan rekonstruksi kembali.

Semua pihak diharapkan dapat bersatu dalam membantu korban dan memberikan dukungan moral kepada mereka yang terkena dampak kebakaran ini.

Teks/Foto : RAIS (Tim Publikasi BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH )

Editor : Asa Zumara, SS