Nunukan, SIMP4TIK - Kebakaran hutan dan lahan yang melanda Jalan Tanjung Harapan, tepatnya di Kampung Tengah, mengakibatkan kepanikan dan kerugian besar bagi lingkungan sekitar. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.30 WITA itu melanda area seluas kurang lebih 12 hektar, Minggu (18/2/2024).

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 WITA setelah tim pemadam berhasil berjuang keras menghadapi kobaran api yang menjalar dengan cepat.

Tim pemadam yang terlibat dalam operasi pemadaman ini terdiri dari personel dari BPBD, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), serta anggota TNI/Polri yang bekerjasama dengan masyarakat setempat.

Adapun peralatan operasional yang digunakan dalam upaya pemadaman meliputi, 1 unit mobil tangki suplai BPBD, 1 unit mobil L300 BPBD, 1 unit mobil tangki suplai KPH, dan 1 unit motor Trail BPBD.

Koordinasi yang baik antara berbagai pihak serta kerja keras dari seluruh tim pemadam, baik dari lembaga pemerintah maupun masyarakat setempat, merupakan kunci keberhasilan dalam mengatasi bencana ini.

Meskipun kebakaran telah berhasil dipadamkan, upaya pemantauan dan penanganan pasca-kebakaran tetap akan terus dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran kembali serta meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul akibat bencana ini.

Teks/Foto : RAIS (Tim Publikasi BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom