SIMP4TIK News - Sekitar pukul 10.55 WITA, kebakaran lahan terjadi di Desa Mambulu, Kecamatan Sembakung Atulai, luas lahan sekitar 1 hektar. Laporan pertama kali diterima pada saat yang sama dari staf kecamatan dan Tagana Sembakung Atulai, Selasa (12/12).

Dalam menanggapi laporan tersebut, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Pos Lumbis segera bergerak cepat. Tim tiba di lokasi kejadian pukul 11.28 WITA dan segera memulai upaya pemadaman. Dalam waktu yang relatif singkat, tepatnya pukul 13.30 WITA, upaya pemadaman berhasil dan api berhasil dipadamkan.

Personil yang terlibat dalam operasi pemadaman melibatkan BPBD Pos Lumbis, Dinas Pemadaman Kebakaran Kecamatan Lumbis, Damkarhut PT.Adindo dan warga Desa Membulu. Armada yang digunakan terdiri dari 2 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil DAMKARHUT PT.Adindo, 1 unit motor trail BPBD dan 1 unit mesin pompa air BPBD.

Dalam peristiwa ini, disampaikan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, sehingga kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran ini terbatas pada kerusakan lahan. Pihak berwenang mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan menghindari praktek-praktek yang dapat memicu kebakaran, terutama dalam musim kering seperti saat ini.

Teks/Foto : RAIS (Tim Publikasi BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom