Sebatik, SIMP4TIK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan mengadakan festival literasi di perbatasan tepatnya di Kecamatan Sebatik pada 16 September 2024 mendatang.

Sekretaris Camat Sebatik Abdul Rahman membenarkan hal tersebut, bahwa kecamatan sebatik akan menjadi lokus festival literasi di perbatasan. 

“Sebelum melaksanakan Musdes tadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara, Ilham Zain menyampaikan akan dilaksanakan festival literasi perbatasan,” ujar Abdul Rahman, usai Musdes, Kamis (12/09/2024).

Saat ditemui, Sekcam menyampaikan beberapa agenda atau rangkaian acara festival literasi seperti pameran produk literasi, senam bersama, gerakan membaca serentak 15 menit, lomba baca puisi untuk tingkat SMA, lomba mengarang cerpen tingkat SMA, lomba mendongeng untuk umum, dan lomba read aloud juga terbuka untuk umum.

Abdul Rahman mengatakan, pemenang duta baca yang berhasil meraih juara 1 dan 3 akan terlibat langsung. Selain itu, sejauh ini mereka juga telah berkoordinasi akan membentuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Setiap Sabtu atau weekend mereka laksanakan pertemuan kepada adik-adik dan ibu-ibu di Pantai Kayu angin.

“Karena ini adalah kegiatan literasi, kita juga akan melibatkan duta baca yang meraih juara 1 dan 3, yang memang berdomisili di kecamatan sebatik,” pungkasnya.

Sebagai duta baca, tentunya harus mampu mengemban amanah yang telah diberikan, tanggung jawabnya dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat dalam bentuk pelatihan membaca dan menulis serta meningkatkan minat baca kepada generasi muda.

Sementara untuk malam puncak acara festival literasi di perbatasan, masyarakat sebatik akan dihibur artis ibu kota yakni, Inka Christie, Patent Band, dan juga Farel Prayoga.(*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom