SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE MSi bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Ahmad menyambut kedatangan rombongan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Modul Nusantara (PMM-MN) bertempat di Ruang Rapat VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (8/12).

Hanafiah mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan mahasiswa / mahasiswi yang mewakili dari beberapa Universitas yang ada di Indonesia.

Menurutnya, Kedatangan mahasiswa akan memberikan spirit baru bagi masyarakat perbatasan. Dengan topik yang mengangkat tentang budaya, kebhinekaan dan persatuan.

'Tentu ini adalah salah satu hal yang akan memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat yang ada di perbatasan. Anak - anak di Sebatik juga bisa mendapatkan gambaran konkrit seperti apa kebudayaannya, kebhinekaan dan persatuan dalam menjaga keutuhan kesatuan negara Republik Indonesia," jelas Hanafiah.

Ia berharap, apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa / mahasiswi di Sebatik nantinya dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah yang  dapat dijadikan sebagai bahan untuk ditindaklanjuti, sebagaimana kita tau mereka akan menyatu dengan masyarakat lokal sehingga mereka dapat melihat hal - hal yang mungkin saja tidak terlihat oleh pemerintah daerah.

Sementara itu Dr. Muhammad Firdaus Spi MSi selaku Dosen Pembimbing dari Universitas Borneo Tarakan menjelaskan program yang akan dilakukan oleh PMM yang mana salah satu sub kegiatannya program Modul Nusantara. Fokusnya adalah kebhinekaan, persatuan dan adat budaya.

"Ada tiga hal yang akan dilakukan oleh mahasiswa di Pulau Sebatik yaitu berkegiatan di sekolah tapal batas madrasah ibtidaiyah Darul Furqon, berinteraksi langsung dengan masyarakat perbatasan yang lokusnya di Desa Aji kuning dan untuk memelihara wawasan kebangsaan para mahasiswa / mahasiswi dengan berinteraksi  bersama TNI di tapal batas," tuturnya. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom