SIMP4TIK News - Kondisi Bumi Perkemahan Pramuka Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan yang berlumpur, dipastikan tetap berjalan sesuai agenda kegiatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Jambore Ranting dan Pesta Siaga Pulau Nunukan, Aswan Sanduk, saat ditemui di lokasi bumi perkemahan Pramuka Mansapa, Rabu (6/9/2023).

Aswan Sanduk, memastikan tidak ada kegiatan yang dikurangi, meski kondisi perkemahan yang berlumpur akibat turunnya hujan, pada hari pertama pembukaan, pada Selasa (5/9/2023), lalu.

"Kondisi lapangan yang berlumpur tidak menjadi hambatan, dan setiap kegiatan yang sudah disusun oleh panitia akan tetap berjalan sesuai jadwal ataupun perencanaan sebelumnya," ucap Aswan Sanduk.

Namun, dari pihak panitia juga sudah mengantisipasi terkait kesehatan. Panitia telah bekerjasama dengan bersurat ke PMR dari SMA Negeri 2 Nunukan Selatan, SMK Kesehatan dan bekerjasama dengan Puskesmas Nunukan Selatan.

"Tenaga medis juga sudah standby di posko kesehatan yang sudah kami siapkan," ujar Aswan Sanduk.

Tidak hanya itu, kata Aswan Sanduk, panitia juga antisipasi terkait informasi warga, dimana sekitar Bumi Perkemahan ada sungai yang pernah ada buayanya.

"Antisipasi ratusan orang, kami dari panitia sudah memetakan dimana titik rawannya, apabila ada peserta yang melewati batas bumi perkemahan, peserta kami cegat,"terang Aswan Sanduk.

"Jarak sungai tersebut cukup jauh sekitar 300 meter dari titik bumi perkemahan ini, tidak ada peserta yang beraktifitas mandi di sungai atau pun sekedar buang air kecil. Kami panitia melarang hal tersebut, dan kami juga sudah menyediakan MCKnya lengkap dengan bak mandi, dan sebagainnya artinya tidak ada yang keluar dari koridor yang sudah kami tentukan,"tegasnya.

Menurut Aswan Sanduk, pengawasan oleh panitia dilakukan 24 jam, dengan sistem shift,  tidak hanya itu kedatangan tamu juga kami batasi jam kunjungannya.

"Untuk masyarakat sekitar juga sudah kami koordinasi agar tetap menjaga lingkungan sekitar, dan pihak keamanan seperti koramil yang paling dekat dengan bumi perkemahan ini juga sudah kami koordinasikan," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS