SIMP4TIK News - Bidang Informatika Dinas Kominfo kembali gelar Kemah Teknologi. Kali ini dilakukan di Taman Wisata Air Terjun Binusan Kecamatan Nunukan. Kemah ini berlangsung tiga hari, dari tanggal 27 - 29 Oktober 2023, diikuti  Kepala Bidang, Pejabat Fungsional dan anggota Tim IT.

Andi Akmal SKom MAP selaku Kepala Bidang mengungkapkan latar belakang dilaksanakannya perkemahan teknologi ini. Menurutnya, Tim IT Pemkab Nunukan berasal dari PNS Doiskominfo, ada tim ahli yang direkrut langsung Diskominfo, ada juga yang berasal dari Perangkat Daerah seperti Disduk Capil dan BKAD. 

"Melalui perkemahan ini kita lakukan evaluasi terhadap penerapan konsep IT dilingkungan Pemkab Nunukan secara menyeluruh, kita rumuskan masalah-masalah yang terjadi, hasil rumusan itu dijadikan rekomendasi untuk dilakukan pembenahan agar pembangunan IT bisa berjalan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah," katanya. 

Akmal menambahkan memilih alam terbuka yang jauh dari kebisingan serta hiruk pikuk manusia merupakan satu bentuk strategi agar para peserta perkemahan bisa meningkatkan imajinasinya sehingga dapat merumuskan konsep pengembangan IT yang prospektit dan berwawasan menjawab tantangan global. 

"Desau angin, bulan bersinar di atas kepala, suara air mengalir, cericit suara burung bersahut sahutan, dan kehijauan hutan akan menggoda imajinasi untuk lahirkan inspirasi," katanya sedikit berpuisi. 

Selain kegiatan yang sifatnya mengevaluasi konsep penerapan teknologi informasi di lingkungan Pemkab Nunukan juga menggugah harmoni diantara peserta melalui kegiatan kesenian dengan bernyanyi karaoke di malam hari.

Mantan aktivis Makassar ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak yang memberikan dukungan baik langsung maupun tidak langsung sehingga perkemahan teknologi ini bisa terlaksana.

"Atas nama seluruh anggota Tim IT Pemkab Nunukan, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadis Kominfo atas izin dan fasilitasinya, Kepala BPBD Nunukan atas bantuan fasilitas tenda dan alat tidur, Pengelola Obyek Wisata dari Desa Binusan dan seluruh keluarga anggota Tim IT." ucapnya. (*)  

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim