Sebatik, SIMP4TIK – Kepala Desa Tanjung Karang kecamatan Sebatik Andi Faisal Idris SIP, menjelaskan pihaknya di dalam menjalankan pemerintahan desa akan lebih terbuka dan transparan.

Hal ini disampaikan  Andi Faisal pada pembukaan Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website Desa di Kantor Desa Tanjung Karang, Senin (23/09/2024).

Menurut Andi Faisal untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau dikenal dengan istilah e-government.

“Penerapan SPBE ini akan memudahkan pelayanan masyarakat baik dibidang administrasi pemerintahan desa  maupun penyebarluasan informasi kegiatan penyelenggaraan kebijakan dan pembangunan desa ,” katanya.

Masalah yang dihadapi di dalam penerapan SPBE di desa menurut Andi Faisal Idris adalah terbatasnya kompetensi Sumber daya manusia di desa. Kompetensi SDM ini penting, karena aplikasi adalah bagian dari sistem informasi yang berbasis teknologi informasi.

“Inilah yang mendasari sehingga dilakukan pelatihan Jurnalistik Desa dan Pelatihan Pengelolaan Website Desa ini, karena kita butuh jurnalis desa yang terampil serta SDM yang menguasai implementasi teknologi informasi, ” katanya.

Hasil dari pelatihan ini menurut Andi Faisal Idris selain akan mendukung implementasi SPBE di desa juga akan mendukung Desa Tanjung Karang sebagai desa digital dan Desa Cinta Statistik yang juga menggunakan website desa.

“Desa Tanjung Karang ini telah dipilih Badan Pusat Statistik (BPS) dan sudah dilanuching sebagai Desa Percontohan Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik di Kabupaten Nunukan yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba Desa Cantik ditingkat Propinsi dan nasional,” ungkapnya.

Peserta berjumlah 25 orang berasal dari Calon Jurnalis Desa, Tim Penggerak PKK Desa, Staf Desa, Duta Digital, Duta Literasi dan sejumlah perwakilan dari kelompok masyarakat di Desa Tanjung Karang. 

Hadir sebagai nara sumber dari Diskominfo Nunukan yaitu Mursan Sakka SIP MAP Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Asa Zumara SS Pejabat Pranata Humas Ahli Muda, Andi Akmal SKom MAP Kabid Informatika, Amal SKom Pranata Komputer Ahli Muda dan Pranata Komputer Ahli Pertama Hasyim SKom.

Turut memberikan sambutan, Kepala Diskominfo Kaharuddin dan Kasi PMD Kantor Camat Sebatik, Mardiana sekaligus membuka acara Pelatihan atas nama Camat Sebatik. (*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom