SIMP4TIK News – Pengawasan dan Pengelolaan keuangan desa menjadi salah satu tema yang mendapatkan perhatian dari Inspektorat Kabupaten Nunukan. Untuk itu, Inspektorat melakukan kegiatan Workshop Pengelolaan dan Pengawasan Keuangan Desa di ruang rapat perbatasan Kantor Bupati Nunukan pada Kamis (16/2) lalu. Kegiatan ini diikuti APIP yang bertugas di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Nunukan dengan nara sumber dari BPKP Kaltara. 

Saat membuka acara itu, Inspektur Pembantu Wilayah III Muhammad Ramli SSos menjelaskan tantangan pengawasan pengelolaan desa membangun sistem informasi terintegrasi “SATU DATA DESA dan SISTEM PENGAWASAN DESA BERBASIS IT”  dashboard pengawasan desa dalam upaya  kolaborasi sinergi dan kolaborasi pengawasan.

“Pengawasan atas pengelolaan keuangan desa menggunakan aplikasi SISWASKEUDES, sehingga pengawasan terhadap pengelolaan keuangan des aini lebih efektif, efisien dan akuntabel,” katanya.

Ramle mengharapkan dari penyelenggaraan kegiatan ini dapat meningkatkan kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan dalam pengawalan akuntabilitas keuangan desa  dengan fokus pengawasan  lebih meyakinkan efektifitas dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program pemulihan ekonomi daerah.

“Dari Pelatihan ini kami berharap pengawasan keuangan desa lebih meyakinkan dari sisi efektifitas dan akuntabilitas sehingga dapat menopang program pemulihan ekonomi daerah,” katanya.

Ramli menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Kalimantan Utara, yang telah melakukan Pembinaan Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan. Pembinaan itu sebagai wujud komitmen, kehadiran, kontribusi BPKP Perwakilan Kalimantan Utara dalam membangun pengawasan yang dirasakan kemanfataannya oleh Stakeholders.

“Dalam PP 60/2008 pasal 11 diksebutkan Perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang efektif yaitu menilai Ketaatan, Peringatan dini dan Efektifitas manajemen risiko pencapaian tujuan organisasi,  serta meningkatkan tata kelola Governance, Risk, dan Compliance,” katanya.

Sebelumnya pada 21 September 2022 telah telah dilaunching aplikasi Sistem keuangan Desa (siskeudes) dengan status ONLINE. Penerapan SISKEUDES online maka pada tahun 2023 ini aplikasi Siswaskeudes dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan APIP dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.(*)

Teks/Foto : Eries Ramadhani (Tim Publikasi INSPEKTORAT DAERAH )

Editor : Kaharuddin, SS