Sebatik Timur, SIMP4TIK - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Asmar, bersama Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Bappeda Litbang, Budi Marjoko, Camat Sebatik Timur Andi Joni dan Kepala Desa Tanjung Harapan Hamzah menerima langsung 29 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)  yang akan melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kecamatan Sebatik Timur. Penerimaan tersebut berlangsung di kantor Desa Tanjung Harapan, Sabtu (29/6/2024).

Asisten Ekbang Asmar menyatakan rasa senang dan bangga telah diberikan kepercayaan oleh pihak UGM dengan menempatkan mahasiswanya  melaksanakan KKN di wilayah Pulau Sebatik. 

Asmar berharap dengan beberapa prodi yang dibawa mahasiswa KKN dapat berkontribusi memberikan berbagai ide dan manfaat kepada masyarakat dan kemajuan pembangunan di dua desa yang menjadi lokus KKN nantinya.

"Dengan latar belakang prodi yang berbeda saya berharap adik adik KKN dapat memberikan kontribusi yang positif,  memberikan manfaat dan berbagai ide  atau gagasan untuk kemajuan pembangunan di desa tanjung aru dan desa tanjung harapan ini," pungkasnya.

Selain itu Asmar berpesan supaya seluruh mahasiswa KKN dapat menjaga almamater, seperti diketahui kondisi wilayah serta adat istiadat yang berbeda-beda. 

"Saya berpesan adik - adik KKN dapat menjaga nama baik almamater selama menjalankan KKN,  karena kita tau kondisi wilayah dan adat istiadat sudah pasti berbeda. Jangan sampai terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Begitu juga kepada camat dan kepala desa agar terus memantau para mahasiswa dan masyarakat supaya tercipta kolaborasi yang baik sesuai dengan yang kita harapkan," tegasnya.

Program KKN PPN UGM akan berlangsung di dua desa yakni Desa Tanjung Aru dan Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur dengan mengusung tema "Program penyediaan sarana dan prasarana sanitasi dan kampanye PHBS sanitasi, LKP pondok pesantren mutiara bangsa sebatik serta optimalisasi potensi lokal di Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara" dengan tujuan program untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terutama mengembangkan sektor pertanian dan pangan di wilayah Kecamatan Sebatik Timur.

Mewakili dosen pembimbing yang tidak sempat hadir, koordinator KKN Zuhrotul Maulida mengatakan tujuan KKN  di sebatik timur ini untuk berkolaborasi bersama pemerintah dan masyarakat untuk melakukan program kerja.

"Kami akan melaksanakan KKN selama 50 hari mulai dari tanggal 1 Juli hingga 19 Agustus 2024. Untuk itu kami mohon bantuan dan arahan dari bapak/ibu atas program yang akan kami usulkan," ujarnya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom